Profile
Jantung dan Pembuluh Darah

Pacemaker

Pacemaker

Pacemaker, alat pemacu detak jantung biasanya adalah jalan keluar yang disarankan tenaga medis untuk mengatasi ketidak sinkronisasian ritme jantung.

Pacemaker adalah sebuah perangkat bertenaga baterai untuk menstabilkan detak jantung dengan cara memberi impuls listrik berkekuatan ringan.

Biasanya saat ada orang dengan jantung yang bermasalah dalam memacu detakan, dokter akan menyarankan pemasangan alat pacemaker ini.Pacemaker atau alat pacu detak jantung tersedia beragam. Pilihlah pacemaker yang sesuai dengan kondisi anda.

Cara kerja sebuah pacemaker, berawal dari fungsinya untuk melebarkan pembuluh arteri anda. Pacemaker akan merangsang salah satu bilik jantung dan memberikan impuls kelistrikan, ada juga pacemaker yang memusatkan daya kerjanya untuk mensinkronkan detak jantung yang melambat.

Alat pacu jantung ini ditanamkan secara permanen di dada lewat langkah pembedahan. Dokter akan mengambil tindakan operasi untuk melakukan sayatan kecil di dinding dada tepat di bawah tulang selangka.

Setelah itu, akan disambungkan kabel dari pacemaker ke jantung melalui celah sayatan di dada tadi. Para ahli medis akan menggunakan sinar-X untuk memandu ketepatan posisi kabel. Prosedur ini memakan waktu sekitar satu jam.

Pacemaker atau alat pacu jantung menyala bergantung pada kekuatan baterai. Daya baterai pada alat pacu jantung ini dapat bertahan hingga 5- 10 tahun sebelum akhirnya perlu diganti.

Setelah langkah operasi, diharapkan para pasien tidak terlampau memvorsis tubuh, apalagi terlibat dalam kegiatan yang menyertakan fungsi tubuh bagian atas. Butuh beberapa minggu untuk bisa memulihkan kondisi tubuh pasca operasi pemasangan pacemaker.

Seyogyanya dokter akan memantau kinerja pacemaker dengan jantung anda dan akan dilakukan prosedur evaluasi alat tersebut sebanyak dua kali dalam setahun.

Pemasangan alat bantu pemacu jantung ini, memungkinkan orang-orang berkegiatan aktif., namun bukan tanpa batasan. Ada beberapa kegiatan yang tidak boleh dilakukan mengingat akan berefek mengacaukan sinyal kelistrikan pada pacemaker.

Contoh kecil, anda tak akan lolos dari uji metal detector yang biasanya ada di bandara. Walau tak perlu dikhawatirkan, para pasien dengan pacemaker yang tertanam di tubuh akan mendapat kartu identitas alat pemacu jantung.

Banyak kontroversi tentang boleh tidaknya orang dengan pacemaker menaiki elevator. Beberapa efek samping lainnya pun perlu dipertimbangkan. Agar lebih jelasnya, konsultasikan hal ini dengan dokter anda.

Beberapa resiko yang kerap terjadi, antra lain:

  • Posisi kabel yang terganggu bisa berakibat menusuk jantung anda
     
  • Pendarahaan
     
  • Kesulitan bernapas
     
  • Infeksi bila pacemaker tak dikontrol secara rutin

 

Anda punya pertanyaan seputar Jantung dan Pembuluh Darah ?
Ask Doctor
Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif tapi juga perokok pasif Ini Sebab Perokok Aktif dan Pasif Sama Bahayanya Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif tapi juga perokok pasif Ini Sebab Perokok Aktif dan Pasif Sama Bahayanya