Profile
Migrain

Obat ala rumahan pereda Sakit Kepala

Obat ala rumahan pereda Sakit Kepala

Sakit kepala adalah sakit yang terjadi di bagian kepala di atas mata atau telinga, belakang kepala (occipital), atau di belakang leher bagian atas. Sakit kepala biasanya memiliki banyak penyebab. Misalnya terpapar sinar matahari yang terlalu terik, stres, migrain, flu, dan beberapa faktor lain.

Orang yang terserang sakit kepala biasanya akan mengonsumsi sejumlah obat penghilang rasa sakit. Padahal terlalu sering mengonsumsi obat-obatan justru akan menimbukan efek samping. Lebih baik pilih obat yang alami, bukan? Nah, berikut ini obat sakit kepala yang alami:

Minyak lavender

Ternyata lavender tidak hanya berguna untuk mengusir nyamuk. Minyak lavender juga bisa mengobati sakit kepala secara alami. Termasuk mengobati migrain, lho. Caranya, oleskan minyak lavender tersebut pada bagian kepala yang sakit. Selain itu, Anda bisa menghirup aromanya dengan cara diteteskan sebanyak 2 - 4 tetes pada secangkir air panas lalu hirup uapnya.

Minyak Peppermint

Peppermint memiliki aroma yang segar. Maka, minyak peppermint bisa digunakan sebagai obat sakit kepala yang disebabkan ketegangan tubuh. Aroma minyak peppermint juga bisa membantu mengontrol aliran darah dengan efek vasodilator (memperlebar pembuluh darah).

Oleh karena itu, minyak peppermint bisa menjadi obat sakit kepala yang alami sebab sakit kepala atau migrain sering kali disebabkan aliran darah yang kurang lancar dengan cara mengatur buka tutup pembuluh darah. Peppermint juga membuat penderita sinus dapat bernafas lebih lega.

Minyak basil

Tumbuhan basil sering digunakan untuk topping piza atau pasta. Namun, basil yang telah diolah menjadi minyak bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala. Minyak basil yang dioleskan pada kepala yang sakit dapat membuat otot menjadi rileks, sehingga dapat menjadi obat sakit kepala yang alami.

Hindari makanan tertentu

Obat sakit kepala yang alami adalah mengatur pola makan. Jadi, hindarilah makanan yang memperparah sakit kepala seperti:
1. Cokelat, selai kacang, buah-buahan seperti avokad atau alpukat, pisang, dan jeruk, serta bawang.
2. Daging yang diolah cepat saji sebab banyak mengandung kolesterol dan pengawet.
3. Makanan yang mengandung MSG.
4. Asam amino yang ditemukan pada anggur merah dan makanan yang diawetkan.

Nah, kurangilah jenis-jenis makanan di atas agar terhindar dari sakit kepala yang memburuk. Lalu, makan makanan ini sebagai obat sakit kepala yang alami.

Pijat kepala

Obat sakit kepala yang alami adalah memijat kepala Anda yang sakit. Pasalnya, metode pijat ini telah diakui sebagai obat rumah paling berguna saat sakit kepala atau migrain menyerang. Pijatan lain sebagai obat sakit kepala yang alami adalah refleksiologi yaitu memijat titik refleks pada tangan dan kaki. (DV)

Ditinjau oleh dr.T. Ari Wibowo

 
Anda punya pertanyaan seputar Migrain ?
Ask Doctor
Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja