Profile
Gigi & Kesehatan Mulut

Mual Saat Sikat Gigi

Mual Saat Sikat Gigi

Merasakan mual sedang menyikat gigi? Mungkin hal ini terdengar sedikit aneh, tapi ternyata, hal ini dialami oleh sebagian orang. Apa penyebabnya?

Rasa mual yang timbul saat Anda sedang menyikat gigi, dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Karena rongga kerongkongan Anda yang terlalu sensitif, sehingga saat ada benda asing (dalam hal ini, benda tersebut adalah sikat gigi) masuk ke rongga mulut saat Anda menyikat gigi belakang, atas dan bawah, maka akan timbul refleks kontraksi berupa rasa mual, atau bahkan sampai muntah.
  2. Dapat pula disebabkan oleh penekanan yang berlebih saat Anda menyikat gigi.
  3. Penyebab lainnya, umum dikaitkan dengan penyakit maag atau gangguan lambung. Ketika asam lambung Anda meningkat, maka bisa menyebabkan Anda mual saat menyikat gigi.

Bagaimana mengatasinya?

  1. Gantilah pasta gigi Anda dengan pasta gigi yang tidak berbusa (tanpa deterjen) untuk meminimalisir rasa mual saat sedang menyikat gigi.
  2. Ganti juga sikat gigi Anda dengan kepala sikat yang lebih kecil dan bulu sikat yang lembut untuk mengurangi rasa sensitif.
  3. Saat menyikat gigi, usahakan tetap bernafas melalui hidung secara teratur.

 

Oleh drg. Nadya Fadiha yang berpraktik di RS Masmitra, VNV Mediesteti Klinik dan RS Gandaria

 

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor
Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia