Profile
Kesehatan Saluran Pencernaan

Mual, Redakan Dengan Cara Alami

Mual, Redakan Dengan Cara Alami

Rasa mual memang kerapkali dialami oleh banyak orang, bahkan tak jarang mual berujung menjadi muntah. Berbeda dengan ibu hamil yang mengalami mual muntah atau morning sickness karena adanya perubahan hormon pada awal kehamilan, mual pada orang yang sedang tidak mengandung kadangkala tidak diketahui penyebabnya.

Meski begitu, bisa jadi mual merupakan  gejala awal dari penyakit tertentu, seperti:
1.Penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti gastrointestinal yaitu peradangan pada lambung dan usus.
2.Mengalami keracunan makanan
3.Mengalami beberapa hal yang berhubungan dengan psikis, seperti stres, gugup atau masalah mental lainnya, seperti depresi atau gangguan panik.
4.Sedang mengonsumsi obat-obatan, seperti antibiotik, pil, penunda kehamilan dan obat jantung.
5.Migrain atau sakit kepala sebelah
6.Serangan jantung
7.Stroke
8.Cidera kepala
9.Mengonsumsi alkohol atau penyalahgunaan obat
10.Mengalami gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia
11.Diabetes
12.Menderita peradangan lambung
13.Usus buntu
14.Batu ginjal
15.Infeksi pada otak, seperti meningitis dan tumor otak.


Saat Anda merasakan mual, biasanya Anda akan lebih banyak mengeluarkan keringat, tubuh terasa lemah dan juga memiliki terlalu banyak air liur pada mulut. Akan tetapi, tak semua mual karena beberapa faktor tersebut, bahkan seringkali tidak diketahui apa yang membuat Anda tiba-tiba merasakan mual.

Nah, berikut adalah cara alami untuk menghilangkan mual:

1.Jahe
Jahe memang secara efektif dapat mengatasi mual dan mengurangi rasa tidak nyaman pada pencernaan. Selain itu, jahe juga dapat menyembuhkan permasalahan perut, mengurangi sakit gigi, rematik serta diare. Tak hanya itu, para dokter di zaman China kuno juga menggunakan jahe sebagai pengobatan kolera. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa jahe efektif untuk mengobati masalah pencernaan, termasuk menghilangkan mual. Anda dapat menikmati jahe dengan berbagai variasi, dapat dalam bentuk air jahe yang segar yang panas dan pedas ataupun digunakan sebagai campuran.

2.Peppermint
Peppermint dapat membantu Anda dalam mengatasi mual serta menangani gangguan pencernaan atau mengatasi iritasi usus besar. Peppermint juga sangat aman selama kehamilan. Anda dapat menyampurkan peppermint dengan teh hangat atau menghisap permen yang memiliki kandungan peppermint.


3.Akupuntur
Sudah sejak 1000 tahun yang lalu, metode akupuntur dengan memberikan tekanan pada titik-titik tertentu sudah digunakan untuk mengatasi keluhan fisik, termasuk mual. Caranya dengan menusukkan jarum tipis dibeberapa bagian tubuh tertentu lalu memberikan energi. 

4.Aromaterapi
Aroma pada lingkungan sekitar menjadi salah satu faktor terjadinya mual. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya dapat lebih memperhatikan aroma seperti apa yang dapat memicu Anda mual dan menggantinya dengan aroma lain yang memang berfungsi dapat menghilangkan mual, seperti peppermint atau lavender.
Semoga membantu! (PR)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Saluran Pencernaan ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu