Profile
Kesehatan A-Z

Mitos dan Fakta Antibiotik

Mitos dan Fakta Antibiotik

Ketika sakit, dokter pasti memberikan antibiotik sebagai salah satu obat dengan alasan agar kita cepat sembuh. Karena itu, banyak orang yang beranggapan bahwa antibiotik merupakan obat dari segala penyakit. Padahal jika kita mengonsumsi antibiotik tanpa aturan yang jelas justru akan mengakibatkan bakteri menjadi kebal atau istilahnya resistensi.
 
Biasanya dokter menyarankan untuk meminum antibiotik hingga habis pada resep maupun secara lisan walaupun Anda sudah sembuh. Kita orang awam yang tidak mengetahui seluk beluk antibiotik akan mengikuti apapun yang disarankan dokter.
 
Oleh sebab itu, tak heran banyak mitos-mitos yang dipercayai masyarakat mengenai antibiotik. Nah, sebaiknya Anda mencari tahu dulu mengenai mitos dan fakta seputar antibiotik agar tak terjebak dalam mitos atau kepercayaan yang salah.
 
Yuk, simak mitos seputar antibiotik berikut ini:
 
1. Antibiotik obat segala penyakit
Mitos! Kebanyakan orang akan segera meminum antibiotik saat dirinya sudah merasa tidak enak badan dan sakit. Padahal, tidak semua penyakit bisa sembuh hanya dengan mengonsumsi antibiotik. Justru jika Anda mengonsumsi antibiotik tanpa mendapat anjuran dari dokter akan memberikan dampak yang fatal.
 
Baca di sini untuk mitos lainnya.

2. Antibiotik membunuh infeksi virus
Mitos! Antibiotik bekerja hanya terhadap infeksi bakteri. Antibiotik tidak bekerja ketika virus menyerang. Mengonsumsi antibiotik tanpa mengetahui penyebabnya hanya akan membuat masalah semakin buruk.
 
3. Penggunaan antibiotik sembarang meningkatkan jumlah kuman
Fakta! Terlalu banyak mengonsumsi antibiotik justru akan menyebabkan kuman menjadi resisten terhadap obat.
 
4. Antibiotik menimbulkan efek samping
Fakta! Terlalu sering mengonsumsi antibiotik tanpa resep atau saran dari dokter akan menimbulkan berbagai efek samping yang sebenarnya dapat Anda hindari.
 
5. Antibiotik efektif sembuhkan flu
Mitos! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antibiotik tidak efektif untuk menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh infeksi ringan.
 
Itulah beberapa mitos dan fakta tentang antibiotik. Sebaiknya Anda ikuti anjuran dokter tentang penggunaan antibiotik agar tak membahayakan kesehatan Anda. Namun, daripada Anda harus mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia, lebih baik Anda tingkatkan kesehatan tubuh Anda dengan cara yang alami.
 
Direview oleh dr. Tiffany Christina
Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil? Jumlah kematian yang berhubungan dengan rokok meningkat drastis. Dampak rokok sangat besar terhadap kesehatan. Waspada Bahaya Rokok