Profile
Sinusitis

Meredakan Gejala Sinusitis

Meredakan Gejala Sinusitis

Sinusitis, baik kronis maupun ringan, dapat menyebabkan rasa sakit dan menguras energi penderitanya.  Pada musim hujan, sinusitis seringkali kambuh dan menggangu aktivitas penderitanya.Pilek adalah salah satu gejala dari sinusitis yang mudah dikenali. Gejala lainnya adalah penurunan penciuman, demam, nyeri di dahi, sampai sakit kepala. 

Sinus sendiri merupakan suatu rongga kecil pada tengkorak kepala yang normalnya diisi oleh udara. Sinus memproduksi lendir yang membantu jalur pernapasan hidung tetap bersih dari pemicu alergi dan kotoran. Penyakit sinusitis terjadi apabila ada peradangan pada jaringan yang ada di rongga sinus. Pembengkakan radang tersebut kemudian menghalangi sinus, membuat lendir terperangkap bersama udara di dalamnya. Akibatnya, muncul rasa sakit dan tekanan yang dapat berujung pada infeksi bakteri.

Terdapat dua jenis sinusitis, yaitu: 

1.Sinusitis akut yang dapat terjadi selama empat minggu lamanya.

2.Sinusitis kronis yang berlangsung selama lebih dari 12 minggu dan dapat terus menghinggapi tubuh selama bertahun-tahun. Penyebab dari sinusitis kronis tergolong sulit diketahui dan juga diobati.

Awalnya, kondisi radang sinus dapat terjadi karena adanya flu atau alergi. Pada mereka yang memiliki masalah sistem imun, sinusitis dapat terjadi karena adanya jamur. Pertumbuhan polip pada jalur pernapasan hidung juga dapat menjadi penyebab terjadinya sinusitis. Penyebab lain yang dapat terjadi meskipun jarang adalah adanya cacat pada struktur jalur pernapasan. 

Gejala kedua jenis sinusitis cenderung serupa, yaitu adanya rasa tertekan pada wajah dan rasa sakit, adanya lendir putih tebal yang terus-menerus hadir serta hidung tersumbat. Perawatan bagi kondisi sinusitis akan bergantung pada penyebab dari sinusitis itu sendiri. Karena itu, dibutuhkan pemeriksaan yang menyeluruh menggunakan X-ray, CT scan atau MRI tergantung keluhan.


Beberapa jenis pengobatan untuk kondisi sinusitis meliputi:

1.Pengobatan medis
Pengobatan medis meliputi konsumsi antibiotik resep dokter jika penyebab sinusitis adalah infeksi bakteri, obat penghilang rasa sakit tanpa resep seperti ibuprofen atau acetaminophen yang hanya boleh diminum selama 10 hari. Serta decongestants yang mengencerkan lendir dalam sinus. Obat lainnya antara lain steroid yang harus menggunakan resep dokter. Obat ini digunakan untuk mengempiskan/meredakan bengkak. Selain itu, obat-obatan yang lebih spesifik untuk sebab terjadinya sinusitis adalah obat alergi antihistamine atau suntikan alergi. Perawatan seperti operasi bagi sinusitis akut yang terus-menerus kambuh dapat pula dilakukan di mana sinus dilepaskan dari kebuntuan dan diperbesar agar lebih mudah mengeluarkan cairan.

2.Pengobatan dengan perbaikan lingkungan sekitar
Anda dapat meletakkan handuk hangat dan basah untuk melegakan tekanan pada wajah. Anda bisa juga menghirup udara hangat dari air panas yang Anda taruh di baskom atau mangkuk.


Para penderita sinusitis juga perlu untuk minum banyak air dan beristirahat yang cukup agar tubuh dapat pulih. Usahakan juga untuk tidak meminum obat-obatan yang dijual bebas di pasaran secara berlebihan karena dapat memperburuk gejala sinusitis. 

Jika terjadi gejala sinusitis, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Semakin cepat gejala sinusitis teratasi, semakin cepat pulih dan menurunkan risiko pemburukan sinusitis dan komplikasi lainnya. (PA)

Ditinjau oleh:dr. Rahajeng A.P

Anda punya pertanyaan seputar Sinusitis ?
Ask Doctor
Gejala yang paling sering dialami adalah perdarahan abnormal. Gejala yang paling sering dialami adalah perdarahan abnormal. Gejala Kanke Serviks yang Tidak Disadari Implantasi merupakan tanda awal kehamilan. Ini terjadi setelah sel sperma membuahi sel telur. Bagaimana membedakan flek ini dengan menstruasi? Bercak Implantasi Sebagai Tanda Awal Kehamilan