Profile
Kesehatan Seksual

Menstruasi: Mitos dan Faktanya

Menstruasi: Mitos dan Faktanya

Saat sudah masuk di usia subur, setiap wanita tentunya mengalami menstruasi. Momen tersebut menjadi  penanda bahwa Anda sudah siap bereproduksi. Namun, sayangnya, hal ini tidak disertai dengan pengetahuan ilmiah mengenai menstruasi. Banyak sekali mitos-mitos menstruasi yang mengakar di masyarakat dan bertentangan dari fakta ilmiah.
 
Nah, supaya Anda tidak terus-menerus terjebak dalam mitos-mitos yang salah, simaklah mitos dan fakta seputar menstruasi berikut ini.
 
1. Minum soda mempercepat menstruasi
Banyak orang  yang  percaya kalau mengonsumsi minuman bersoda saat menstruasi dapat mempercepat menstruasi, betulkah? Hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa minuman bersoda dapat memperlancar menstruasi, karena  lancarnya proses menstruasi dipengaruhi oleh hormon dan faktor psikis. Pada dasarnya soda hanya bisa membuat seseorang merasa lebih segar.  Namun, mengonsumsi minuman bersoda yang rutin dalam jangka panjang justru harus diwaspadai  karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh, mempengaruhi keseimbangan hormon dan dapat mempengaruhi siklus menstruasi.
 
2. Minuman dingin memperlambat menstruasi
Mitos ini tidak benar. Mengonsumsi minuman dingin sama sekali tidak berpengaruh dengan siklus menstruasi, karena siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Keseimbangan hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis. Ketika hormon seorang wanita tidak seimbang, menstruasinya bisa tidak teratur. Faktor lainnya yang mempengaruhi teratur atau tidaknya menstruasi adalah faktor fisik seperti kelelahan, stres dan penyakit.
 
3. Tidak boleh keramas saat menstruasi
Anda mempercayai mitos ini? Terbayang bagaimana lepeknya rambut Anda selama mentruasi karena tidak boleh mencuci rambut. Padahal,  pada saat menstruasi semua wanita harus menjaga kebersihan tubuh dengan optimal, mulai dari kebersihan tubuh dan rambut. Mencuci rambut saat menstruasi tidak akan mengakibatkan gangguan menstruasi apapun malah dapat membuat rasa nyaman dan santai karena bersih dan wangi.
 
4. Berhubungan intim saat menstruasi tidak akan hamil
Melakukan hubungan intim saat menstruasi memang memiliki kemungkinan yang kecil dapat hamil. Namun meskipun begitu, sperma tetap bisa masuk ke dalam vagina. Sperma yang sudah masuk ini dapat bertahan di vagina selama tujuh hari dan sel telur bisa bertahan selama tiga hari. Jika periode menstruasi seorang wanita tidak benar-benar teratur, maka bisa saja terjadi salah perhitungan, sehingga kehamilan tetap terjadi.
 
Itulah mitos dan fakta seputar menstruasi. Semoga info tersebut dapat membantu Anda agar tidak percaya begitu saja dengan mitos-mitos menstruasi yang beredar. Intinya, pola hidup yang sehat dan seimbang akan menjaga keseimbangan hormon serta menjaga kesehatan siklus menstruasi Anda.
Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan