Profile
Hairloss

Mengenal Kebotakan

Mengenal Kebotakan

Mengalami kerontokan rambut adalah hal biasa. Rambut yang normal akan mengalami kerontokan hingga 100 helai setiap harinya. Hal tersebut bersifat normal karena kulit kepala yang sehat memang akan mengalami pergantian rambut di kulit kepala secara kontinyu.

Hal berbeda terjadi jika kulit kepala tidak mampu menghasilkan rambut baru sebagai pengganti sehingga dapat menyebabkan kebotakan. Ulasan berikut mengajak Anda mengenal kerontokan rambut penyebab kebotakan dengan lebih lagi :

Penyebab
Penyebab utama kebotakan adalah alopesia androgenic atau lebih dikenal dengan kebotakan pola, yang dapat terjadi pada pria dan wanita. Kebotakan jenis ini merupakan kebotakan permanen yang tidak dapat disembuhkan karena disebabkan oleh faktor keturunan dan genetika. Ada pula kebotakan jenis lainnya yang bersifat sementara namun merupakan gejala timbulnya penyakit serius seperti infeksi kulit, stress, penggunaan obat tertentu atau penyakit tiroid.

Tanda dan Gejala
Langkah pertama dari mendeteksi kebotakan adalah dengan melakukan pemeriksaan. Saat melakukan pemeriksaan pada kulit kepala, perhatikan distribusi rambut rontok dan jaringan parut pada kepala. Ukur lebar bagian yang mengalami kerontokan, dan peka terhadap setiap kelainan yang muncul. Dalam kebotakan pola pada pria dimulai dengan kerontokan dan penipisan rambut yang dimulai pada tempat akar rambut, hingga akhirnya jatuh keluar dari kulit kepala. Sedangkan pada wanita, kebotakan pola terjadi ketika rambut menipis pada bagian frontal dan parietal.

Perawatan Non-bedah
Terdapat obat-obatan guna mengatasi kerontokan rambut, seperti pil dan minyak rambut.  Dibalik keuntungannya, terdapat pula kerugian dari penggunaan obat-obatan tersebut. Efek yang dihasilkan berupa penurunan libido dan disfungsi ereksi. Ada pula suntikan kortison yang dapat diberikan ke kulit kepala guna menghentikan rambut rontok, namun prosesnya lambat dan hasilnya bervariasi pada tiap orang. Modulator hormon juga dapat digunakan guna mengatasi kebotakan pola pada perempuan.

Perawatan bedah
Jika kerontokan rambut menjadi permasalahan utama bagi Anda, lakukanlah perawatan bedah/operasi. Pengobatan seperti transplantasi folikel, flap kulit kepala dapat menjadi solusi mengatasi kebotakan akibat rambut rontok. Perawatan dengan cara ini memang mahal dan menyakitkan, namun hasilnya dapat Anda nikmati dalam 8-10 minggu setelah operasi. Sayangnya operasi dapat menyebabkan resiko jaringan parut dan infeksi, sehingga sangat tidak disarankan untuk melakukan hal ini kecuali alasan yang sangat penting bagi harga diri seseorang.

Ada pula pengobatan lainnya seperti transplantasi rambut dan pengurangan kulit kepala. Reduksi kulit kepala umumnya dilakukan bersamaan dengan transplantasi rambut guna menghasilkan warna alami.

Anda punya pertanyaan seputar Hairloss ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat