Profile
Menurunkan Berat Badan

Mengecilkan Lingkar Pinggang

Mengecilkan Lingkar Pinggang

Lingkar pinggang besar tidak hanya bikin kita enggak pede, tapi juga bisa mengundang masalah kesehatan serius. Berbagai studi menyebutkan, ukuran lingkar pinggang yang besar, bisa meningkatkan risiko pemiliknya menderita berbagai masalah kanker, seperti kanker saluran usus, diabetes tipe dua hingga stroke

Untuk mengatasi dan menghindari berbagai masalah kesehatan tersebut, tidak ada cara lain selain mengecilkan ukuran lingkar pinggang. Ukuran lingkar pinggang yang dianggap ideal adalah kurang dari 90 cm untuk pria dan kurang dari 80 cm untuk wanita. 

Mengecilkan ukuran pinggang dapat dilakukan dengan latihan fisik/olahraga yang sifatnya membakar lemak. Seperti latihan kardio, latihan kekuatan otot tubuh, penyesuaian diet dan mengatur jenis makanan serta pola makan yang lebih menyehatkan. Kombinasi tiga hal inilah yang diperlukan untuk mengecilkan lingkar pinggang menjadi ukuran normal, ideal dan lebih menyehatkan.

Untuk memulai rutinitas dengan tujuan mengecilkan lingkar pinggang, pertama-tama Anda perlu menentukan tujuan yang ingin Anda capai. Kadar lemak yang paling normal dan tergolong cepat untuk dikikis adalah 1 kilogram per minggunya. Penurunan bobot tubuh ini dinilai ideal dan sehat, tidak terlalu memaksa tubuh untuk mengurangi kalori lebih daripada yang sanggup diterima tubuh. 

Untuk dapat mencapai penurunan berat badan secara teratur, diperlukan pembakaran kalori sebanyak 1.000 kalori setiap harinya lewat penyesuaian pola makan dan aktivitas fisik. Membakar 400 kalori per harinya dapat dicapai dengan latihan fisik dan diikuti dengan mengurangi asupan kalori sebanyak 600 kalori.


Contoh aktivitas yang dapat membakar 400 kalori antara lain adalah berjalan kaki selama satu jam yang dapat membakar sekitar 298 kalori. Untuk latihan yang lebih intens, lakukan jogging yang dapat membakar 598 kalori dalam satu jam. Selain itu, kombinasi antara berjalan dengan lari pendek juga dapat dilakukan untuk memulai kebiasaan sehat dalam mengurangi lingkar pinggang. Aktivitas lain yang dapat membantu membakar kalori secara lebih banyak adalah lompat tali dan mendaki. 

Trik lain agar Anda bertahan berolahraga hingga membakar jumlah kalori yang diperlukan setiap harinya untuk mengecilkan lingkar pinggang adalah dengan melakukan  latihan fisik berjeda. Mulailah dengan ativitas ringan seperti berjalan. Setelah beberapa menit, tingkatkan intensitas gerakan dengan berlari sedikit lebih cepat. Lalu, dengarkan tubuh Anda (bila letih), kembalilah berjalan, lakukan secara bergantian terus-menerus sampai waktu yang Anda alokasikan untuk berolahraga usai. 


Unuk latihan yang fokus pada daerah lingkar pinggang, Anda dapat mencoba gerakan squat atau berjongkok dengan twist. Caranya, posisi berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu sebelum berjongkok. Saat berada dalam posisi berjongkok, kontraksikan otot perut dan putar tubuh ke arah kiri. Kembalilah ke posisi awal dan ulangi hingga delapan sampai 12 kali pada tiap sisi tubuh. Lakukan latihan fisik ini setidaknya sebanyak dua kali sesi setiap minggunya.

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan makanan yang terbuat dari gandum utuh. Ketiga jenis makanan ini mengandung kalori yang lebih sedikit dan lebih mengenyangkan. Sehingga Anda dapat bertahan tanpa mengemil hingga saatnya tiba untuk kembali mengisi perut. Makan juga makanan kaya serat untuk memperlambat pencernaan. Pilih minuman rendah lemak dan dapatkan protein bersih bebas lemak dari protein nabati maupun daging putih untuk protein hewani. Selamat mencoba. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P (Konselor ASI)

 

Anda punya pertanyaan seputar Menurunkan Berat Badan ?
Ask Doctor

Related Question

Popular Article

Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya