Profile
Rambut Uban (Grey Hair)

Mengatasi Uban Dini

Mengatasi Uban Dini

Uban merupakan bentuk penuaan alami yang pasti dialami oleh semua orang pada waktunya. Meski demikian, terkadang uban dapat muncul lebih awal pada beberapa orang. Proses penuaan dini berupa munculnya uban ini, kerap membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman, karena tampak lebih tua dari seharusnya. 

Beberapa penyebab munculnya uban dini antara lain adalah adanya riwayat keluarga. Bila dalam keluarga, ibu atau ayah Anda mengalami uban di usia muda, maka Anda pun berisiko mengalami hal yang sama. Mengalami stres dalam rentang waktu yang panjang juga berpotensi membuat rambut Anda beruban sebelum waktunya. Lainnya adalah menderita penyakit serius seperti typhoid, konsumsi alkohol, teh maupun kopi yang berlebihan. Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang digoreng dan berminyak, tambahan bumbu yang terlalu berlebihan dalam makanan, termasuk rasa asam yang tinggi. Selain itu, kurangnya nutrisi seperti tembaga pada makanan yang dapat menyebabkan kurangnya produksi melanin serta kurangnya vitamin C dan vitamin B.

Untuk mengurangi munculnya uban atau rambut putih, terdapat beberapa cara natural yang dapat dipraktikkan, seperti:
1.Campuran minyak kelapa dan daun kari
Campuran minyak kelapa dan kari tidak hanya baik untuk memperkuat rambut, namun juga dapat mengurangi ketombe dan rambut rontok sehingga merangsang pertumbuhan rambut hitam menggantikan uban. Oleskan campurannya secara konsisten selama 90 hari dan diamkan selama 15-20 menit pada kulit kepala.

2.Minyak wijen dicampur dengan jus wortel
Minyak wijen yang dicampur dengan wortel yang sudah dihaluskan harus dijemur selama 21 hari di bawah matahari. Setelah siap, oleskan campuran ini pada kulit kepala selama 15-30 menit setiap hari, selama 90 hari mendatang untuk mengurangi tampilan uban.

3.Sari bawang
Bawang Bombay yang diblender halus merupakan obat tradisional untuk menghilangkan uban saat dioleskan ke kulit kepala. Hanya saja, bau yang ditimbulkan oleh campuran ini cukup menyengat sehingga jika Anda tidak tahan penggunaannya tidak disarankan.


Untuk mencegah timbulnya uban dini, terdapat beberapa penyesuaian gaya hidup yang perlu dilakukan, seperti:
1.Berhenti merokok, karena merokok mempercepat penuaan tubuh. Penuaan yang dipercepat ini kemudian menghasilkan uban yang muncul lebih dini ditambah dengan komplikasi kesehatan. 

2.Hindari konsumsi junk food, kopi dan alkohol yang terlalu banyak. Ketiganya dapat menyebabk penuaan dini jika dikonsumsi terlalu banyak sehingga tinggal soal waktu saja sebelum uban mulai bermunculan.

3.Kurangi stres dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi Anda yang secara konsisten bekerja di bawah tekanan dan ketegangan. Bagi Anda yang memiliki tipe dan lingkungan pekerjaan yang seperti ini, Anda perlu memperbanyak kegiatan di luar pekerjaan yang merilekskan, seperti yoga dan teknik relaksasi lainnya.

4.Perbanyak latihan fisik dan olahraga sehari-hari. Tubuh yang sehat dan fit merupakan syarat aliran darah yang lancar, termasuk aliran darah ke kepala yang dapat mencegah timbulnya uban dini serta memperbaiki pertumbuhan rambut.


5.Jaga pola makan harian untuk memastikan tubuh mendapatkan berbagai nutrisi yang diperlukan. Nutrisi yang lengkap dan teratur diterima tubuh dapat membantu mencegah timbulnya uban, terutama saat Anda memperbanyak konsumsi mineral dan vitamin A bersama dengan zat besi. Anda dapat memilih yogurt dan sereal yang kaya akan nutrisi mineral tersebut diimbangi dengan sayuran dan buah-buahan berwarna kuning yang baik pula bagi tubuh. Jika Anda juga rutin meminum air dengan asupan nutrisi seperti yang telah disebutkan, maka Anda dapat menghindari timbulnya uban dini.

6.Konsumsilah suplemen yang kaya akan vitamin B kompleks untuk mencegah rambut putih yang muncul secara dini. Multivitamin yang dilengkapi dengan seluruh vitamin B kompleks dapat Anda peroleh di apotek. Jika Anda tidak menemukannya, alternatif lainnya adalah untuk mengonsumsi produk vitamin yang mengandung vitamin B5 saja karena jika terjadi kekurangan vitamin B5, maka uban akan lebih rentan muncul. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Aria Wibowo 

Anda punya pertanyaan seputar Rambut Uban (Grey Hair) ?
Ask Doctor

Popular Article

Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat