Profile
depresi, mental, mental health, stres

Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Stres di tempat kerja bisa dikelola dengan cara mengidentifikasi stres dan bereaksi secara sehat.

Setiap orang yang bekerja, pasti pernah mengalami tekanan kerja, termasuk ketika Anda menekuni pekerjaan yang menyenangkan sekalipun. Sebagai contoh: tekanan kerja karena dikejar-kejar deadline atau melakukan tugas yang sangat sulit dengan risiko tinggi. 
 
Ketika stres kerja menjadi kronis, kondisi kesehatan fisik maupun mental kita dapat terganggu. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu dilakukan upaya-upaya agar stres kerja dapat dikenali dan dikelola dengan baik sehingga tidak menimbulkan dampak yang merugikan, sehingga Anda dapat tetap bekerja secara produktif dan sejahtera. 
 
Sumber Stres Kerja 
Berikut ini adalah beberapa stresor yang banyak dijumpai di dunia kerja:
• Gaji rendah
• Beban kerja berlebihan
• Kurang peluang untuk pengembangan diri atau peningkatan karir
• Pekerjaan kurang menantang
• Kurang tersedian dukungan sosial
• Kurang memiliki kontrol terhadap pengambilan keputusan dalam tugas-tugas di pekerjaan
• Tuntutan yang saling berkonflik atau ekspektasi performa yang kurang jelas
 
Dampak Stres yang Tidak Terkendali
Stres yang tidak ditangani dengan baik, tidak akan hilang dengan sendirinya. Stres ini akan tetap dirasakan sepanjang hari dan mempengaruhi kehidupan Anda. Stres yang berlangsung terus-menerus dapat mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental Anda.
 
Beberapa masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stres misalnya adalah sakit kepala, gangguan pencernaan, gangguan tidur, sulit berkonsentrasi, mudah marah. Masalah kecemasan, tekanan darah tinggi, depresi, obesitas, serangan jantung, juga masalah-masalah yang dapat ditimbulkan oleh stres. 
 
Tidak hanya itu, kondisi stress yang berlebihan juga sering mendorong orang untuk melakukan hal-hal yang tidak tepat sebagai upaya untuk meredakan emosi yang tidak nyaman, seperti: makan berlebihan, merokok, mengonsumsi alkohol, dsb..
 
Kelola Stres 
Saat mengalami stres, cobalah lakukan langkah-langkah ini:
 
• Mengidentifikasi sumber stres. Buatlah catatan harian untuk mengidentifikasi situasi seperti apa yang sering menimbulkan stres dan pikirkan bagaimana cara mengatasinya. Catatlah pikiran, perasaan, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi (termasuk dengan siapa Anda berinteraksi, situasi kerja seperti apa). Serta bagaimana reaksi Anda pada umumnya (seperti: apakah Anda menjadi gelisah atau menarik diri, makan berlebihan, berjalan-jalan, dsb). Catatan ini akan membantu Anda untuk menemukan pola yang biasa terjadi antara stresor dan reaksi Anda.
 
• Belajarlah berespons secara sehat. Daripada berusaha mengatasi stres dengan makan berlebihan atau minum kopi terus-menerus, cobalah melakukan hal-hal yang sehat, seperti berolahraga, meditasi, bermain musik, atau aktivitas hobi lain yang menimbulkan efek relaksasi dan menyenangkan.
 
• Buatlah batasan yang jelas. Anda perlu membuat batasan-batasan yang jelas terhadap hal-hal di luar diri yang dapat menimbulkan stres. Contohnya: membatasi kapan untuk tidak menerima telepon, membaca email, atau menerima tamu, Carilah waktu dimana Anda dapat sendiri sementara waktu tanpa diganggu. 
 
• Carilah waktu untuk istirahat dan menguatkan diri kembali. Hindari kondisi dimana Anda terus-menerus dihadapkan pada tekanan kerja tanpa henti. Tubuh dan mental kita dapat letih dan perlu istirahat. Dibutuhkan waktu untuk mencapai kondisi seimbang kembali. Jangan mengabaikan jam istirahat di kantor atau liburan di akhir pekan. Luangkan sekali-kali untuk berlibur ke tempat yang tenang, memberikan perasaan relaks, dan menyenangkan. Setelah pulih, kembali lah bekerja dengan baik.
 
• Bicaralah pada supervisor Anda. Karyawan yang produktif umumnya adalah karyawan yang sehat. Oleh karena itu, atasan perlu memberikan lingkungan kerja yang baik yang dapat mendukung kesejahteraan karyawan. Bicaralah secara terbuka dengan atasan mengenai kondiri Anda. Tujuannya bukan untuk mengeluh tanpa tujuan, namun untuk membicarakan langkah-langkah yang dapat dilakukan agar dapat mengatasi stresor di lingkungan kerja, sehingga Anda dapat bekerja lebih produktif. 
 
• Carilah dukungan dari orang lain. Anda perlu terbuka terhadap bantuan yang diberikan oleh kawan yang dapat dipercaya ataupun anggota keluarga. Jika diperlukan, Anda juga dapat meminta bantuan profesional dari ahli di bidang kesehatan mental, seperti: psikolog atau psikiater. ( Benedictine Widyasinta, M.Si.,Psikolog, RS. Royal Progress)
 
Anda punya pertanyaan seputar depresi, mental, mental health, stres ?
Ask Doctor
osteoporosis rentan terjadi pada perempuan yang kekurangan kalsium Osteoporosis dan Kesehatan Tulang Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA