Profile
Kesehatan Mata dan Pengelihatan

Computer Vision Syndrome, Musuh Pekerja Kantoran

Computer Vision Syndrome, Musuh Pekerja Kantoran

Bekerja di kantoran dan menggunakan komputer selama berjam-jam membuat mata mudah lelah, nyeri dan pusing. Bagaimana mengatasinya?

Anda bisa saja mengalami Computer Vision Syndrome (CVS). Perlu diketahui apa jenis monitor yang Anda gunakan, misalnya CRT, monitor keluaran lama yang tebal atau flat screen. Pada monitor CRT, radiasinya memang cukup tinggi dan sudah terasa dari jarak 30cm. Sementara untuk flat screen modern, radiasinya tidak setinggi CRT dan baru akan terasa pada jarak 5-10 cm dari layar.

Huruf dan gambar yang ditampilkan pada layar komputer berbasis sistem pixel, dimana gambar yang tampil tersusun atas titik-titik kecil yang dikumpul menjadi satu, membentuk gambar yang tampil di komputer dan tidak mempunyai definisi yang sama dengan gambar yang dibentuk pada media cetak. Sebuah pixel biasanya berupa sebuah titik dengan tampilan paling terang di tengah dan kemudian intensitasnya memudar ke samping. Hal inilah yang membuat mata sulit untuk fokus. Ditambah lagi, mata cenderung menurunkan level fokus pada sebuah kondisi yang disebut ‘resting point of accomodation’ (RPA).

RPA ini adalah jarak fokus baku mata pada jarak kurang lebih 31.5 inch, dengan catatan tidak ada benda untuk difokuskan pada jarak tersebut. Boleh dikatakan usaha mata untuk fokus pada jarak ini tergolong minimal.


Sedangkan jarak fokus melihat monitor komputer biasanya rata-rata sekitar 12 inch dan mata memerlukan usaha lebih keras untuk fokus pada jarak 12 inch dibandingkan dengan jarak RPA yang sudah disebutkan di atas. Pada saat seseorang melihat monitor komputer dengan waktu cukup lama, selama itu akan terjadi fluktuasi fokus antara fokus jarak dekat (sejauh jarak dari layar komputer ke mata pengguna) dengan RPA tadi, fluktuasi tersebut yang membuat mata menjadi capek dan lelah.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya lakukan hal berikut :

  • Anjuran 20-20, artinya, setiap 20 menit, mata diistirahatkan selama 20 detik.
  • Dengan cara melihat jauh yang tidak butuh fokus (dengan jarak 6 Meter dan keatas, baru dibilang melihat jauh) atau pejamkan mata Anda selama 20 detik. Selama istirahat mata ini, jangan melakukan kerjaan jarak dekat seperti membaca buku, menonton TV, atau melihat jarak dekat lainnya (< 6m).
  • Kompres mata dengan air hangat atau air dingin untuk menambah efek relaksasi.
  • Memasang lapisan anti radiasi pada kacamata.

 

dr. Artha Latief, SpM yang berpraktik di RS Bethsaida Gading Serpong

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mata dan Pengelihatan ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya