Profile
Hamil

Mengapa Merokok Mempersulit Hamil?

Mengapa Merokok Mempersulit Hamil?

Merokok akan mendatangkan berbagai masalah kesehatan. Sayangnya, sekalipun bahaya merokok tertera dengan jelas di kemasan rokok, tak sedikit yang mengabaikannya. Bagi wanita yang sedang melakukan program hamil, merokok hanya akan memperlambat proses kehamilan sekaligus menurunkan level kesuburan. Berikut ini 4 akibat buruk atau bahaya merokok bagi kesuburan wanita :

1. Ketidaksuburan
Tak ada bedanya bila Anda sesekali atau rutin merokok, sebab risiko ketidaksuburan menjadi 60 persen lebih besar. Pasalnya, akan ada sebanyak 4000 bahan kimia berbahaya saat Anda merokok. Sebut saja nikotin, sianida, dan karbon monoksida yang mempercepat penurunan produksi sel telur. Wanita perokok juga setahun hingga empat tahun lebih cepat mengalami menopause. 

Lantas bagaimana dengan pria? Ternyata sama saja. Pria yang merokok lebih berisiko mengalami penurunan jumlah sperma sekaligus kegesitan sperma dalam memenetrasi sel telur. Sperma pria perokok juga tidak berbentuk normal dan pria juga bisa terkena disfungsi ereksi.

2. Keguguran
Merokok memperbesar kemungkinan janin tidak bertahan hingga bulan terakhir kehamilan sebab racun dalam rokok merusak gen dalam sperma dan sel telur. Selain keguguran, merokok juga dapat meningkatkan berbagai risiko kesehatan selama kehamilan seperti terjadinya kelahiran prematur, keracunan kehamilan, kehamilan ektopik, dan cacat serta kelainan kromosom pada janin. 

3. Mempersulit Program Bayi Tabung
Meski IVF (In Vitro Fertilization) atau bayi tabung terbilang canggih, merokok akan membuat kegagalan program hamil ini lebih besar. Bagi wanita perokok, mereka akan memerlukan obat pemicu produksi sel telur yang lebih tinggi kadarnya. Meski demikian kemungkinan hamil akan menurun hingga 30 persen dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.
 
4. Perokok Pasif
Jika Anda tinggal dengan seorang perokok, Anda tidak terlindungi dari bahan kimia beracun dan memiliki kemungkinan mengalami masalah kesuburan yang sama seriusnya dengan perokok aktif. Menjadi perokok pasif meningkatkan risiko bayi yang baru lahir mengalami SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome

 

Di-review oleh dr. Joel Juanda T., Sp. OG
 

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil?