Profile
Kemandulan Pria

Masa Subur Pria

Masa Subur Pria

Masa subur pria juga penting diperhitungkan. Kehamilan tidak selalu dapat terjadi walaupun pasangan suami istri sering melakukan hubungan intim. Periode masa subur turut menentukan besar-kecilnya kesempatan kehamilan yang dapat terjadi. Hal tentang kesempatan hamil tidak hanya menjadi tanggung jawab dari masa subur seorang wanita. Seorang pria pun memiliki peranan tersendiri untuk memberikan waktu tersuburnya dengan memerhatikan kualitas sperma.

Masa subur pria berbeda dengan masa subur wanita, tingkat kesuburan seorang pria bisa diukur dan dilakukan dengan cara memeriksa dan menganalisis spermanya, baik secara langsung atau menggunakan mikroskop. Analisis sperma menghasilkan parameter yang meliputi volume, pH, bau, warna, jumlah sel spermatozoa per mililiter, gerakan, dan bentuk spermatozoa.

Indikasi sperma normal berdasarkan hasil laboratorium, sebagai berikut:
- Volume : 2 ml atau lebih
- pH (keasaman) : 7,2-8
- Bau : khas
- Warna : kelabu pucat
- Konsentrasi : 20 juta per mililiter
- Gerakan : sebesar 50% atau lebih cenderung bergerak ke depan
- Bentuk : sebesar 30% atau lebih normal

 

Apabila hasil analisis pada sperma pria di luar parameter normal tersebut, maka dianggap tidak normal. Sperma tidak normal berarti kesuburannya juga terganggu sehingga kemungkinan untuk memiliki keturunan menjadi kecil bahkan tidak bisa. Klik di sini untuk mendapatkan konsultasi dengan dokter.

Anda punya pertanyaan seputar Kemandulan Pria ?
Ask Doctor
Implantasi merupakan tanda awal kehamilan. Ini terjadi setelah sel sperma membuahi sel telur. Bagaimana membedakan flek ini dengan menstruasi? Bercak Implantasi Sebagai Tanda Awal Kehamilan Nyeri ulu hati bisa berasal dari lambung, paru-paru, jantung dan usus buntu. Kenali ulu hati yang berbahaya dan tidak. Nyeri Ulu Hati, Berbahayakah?