Profile
Health A-Z

Manfaat Vitamin E

Manfaat Vitamin E

Vitamin E dipercaya berkhasiat menjaga kecantikan secara alami. Karena itulah, banyak orang, terutama wanita mengonsumsinya, baik dalam bentuk suplemen atau makanan yang mengandung vitamin E. Tapi, hati-hati, hindari mengonsumsinya terlalu banyak, karena dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

Vitamin E merupakan antioksidan

Siapa yang tak tahu, vitamin E mampu menjaga kesehatan kulit dan menjaga tampilan kulit bercahaya. Namun, belakangan pamornya, tak lagi hanya sebagai nutrisi kulit, tapi juga sebagai antioksidan yang penting bagi tubuh, untuk menangkal radikal bebas, yang juga melindungi tubuh dari kerusakan sel. Selain itu, vitamin ini juga berperan menjaga kesehatan mata dan ketahanan tubuh terhadap penyakit.

Meski vitamin E dianggap mampu membantu menjaga ketahanan tubuh, bukan berarti bisa mencegah berbagai macam penyakit. Pasalnya, tak sedikit yang beranggapan bahwa vitamin ini dapat mencegah kanker, diabetes, jantung, kanker, Alzheimer, dan beberapa kondisi kesehatan lainnya yang belum dapat diyakini kebenarannya. 

Sebenarnya, manfaat vitamin E akan terlihat langsung pada mereka yang kekurangan vitamin ini, di mana kondisi ini sangat jarang terjadi. Diet secara berlebihan adalah salah satu kondisi yang memungkinkan seseorang kekurangan vitamin E.

Sesuaikan kebutuhan tubuh
Untuk konsumsi harian, vitamin E memiliki kadar aman yang berbeda bagi setiap kelompok umur. Pada anak berusia 1-4 tahun, jumlah yang diperbolehkan adalah 6-7 mg/hari atau 9-10.4 IU. Sementara pada anak-anak berusia lebih dewasa, konsumsi dengan takaran 11 mg/hari. Bagi wanita dan pria (usia 14 tahun keatas) dan wanita hamil, jumlah vitamin E yang dibutuhkan setiap harinya adalah 15 mg.

Sifat vitamin E yang menyerap lemak, membuatnya lebih maksimal saat dikonsumsi dengan makanan. Sementara untuk sumber vitamin E alami, bisa didapat dari minyak sayur, sayuran berdaun seperti bayam, sereal yang sudah diperkaya, telur, dan kacang-kacangan sebagai sumber terbaik vitamin ini. 

Sebaiknya, vitamin E dikonsumsi secukupnya sesuai kebutuhan tubuh. Pasalnya, jika vitamin ini, baik yang sintetis maupun yang alami dikonsumsi berlebih dalam jangka waktu lama, akan menyebabkan risiko penyakit. Overdosis konsumsi vitamin ini dapat mengakibatkan mual, sakit kepala, pendarahan, rasa lelah, bahkan gagal ginjal. Pola makan yang seimbang dengan buah, sayur, dan biji-bijian seharusnya cukup memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin E.

Suplemen Vitamin E seharusnya hanya bersifat sebagai tambahan dan dikonsultasikan terlebih dahulu penggunaannya pada dokter.

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Diare memang terlihat sepele, namun perlu ditangani secara tepat. Berikut lima jenis makanan yang bisa membantu menyembuhkan diare lebih cepat. Diare? Konsumsi Makanan Ini Demam bisa muncul menyerang tiba-tiba. Kenali berbagai penyebabnya dan efek sampingnya berikut ini. Demam, Ini Sebabnya