Profile
Asupan Makanan dan Diet

Manfaat Sehat Bawang Hitam

Manfaat Sehat Bawang Hitam

Bawang hitam atau black garlic adalah bawang yang didapat dari hasil fermentasi bawang putih dengan penggunaan suhu yang tinggi. Bawang hitam rasanya sedikit manis dan gurih, teksturnya lembut dan kenyal. Warna hitam berasal dari produksi senyawa yang disebut melanoidin. 

Menurut ahli diet dan nutrisi Jessica Cording, MS, RD, CDN, bawang hitam kaya fitonutrien dan senyawa lain yang mampu melawan penyakit. Selama ini , bawang putih telah dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk efek anti-inflamasi, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan  fungsi kardiovaskular. Dibanding bawang putih biasa, bawang hitam lebih rendah allicin. Allicin adalah senyawa kuat yang meningkatkan manfaat sehat bawang putih. Dengan sekitar 35 kalori perporsi, bawang hitam adalah cara yang sehat untuk menambah kelezatan rasa masakan tanpa harus menambah kalori.

Bawang hitam merupakan bahan yang sangat serbaguna. Berikut adalah contoh penggunaannya.
Roti bakar: Iris tipis bersama dengan telur dadar sebagai protein. Sajikan sebagai isi roti gandum bakar.  
Dengan keju: Rasa manis yang halus dari bawang hitam, sangat sempurna jika disantap bersama dengan keju. 
Dalam burger: Cincang halus beberapa bawang hitam dan campur dengan daging, kacang-kacangan dan rempah-rempah untuk membuat isi burger. 
Dengan hummus: Bawang hitam adalah jodoh alami untuk hummus. Cincang halus lalu campur dengan hummus, jadilah cocolan yang enak untuk berbagai makanan seperti stik wortel atau dimakan bersama dengan kacang rebus.
Untuk resep slow cooker: Bawang hitam sangat cocok untuk berbagai masakan yang pengolahannya lambat (slow cooker). Baik itu olahan daging ayam, ikan atau sapi. Juga lezat sebagai bumbu sup, salad dan makanan pembuka.

Ditinjau oleh:  dr. Jezy Reisya 

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Diare memang terlihat sepele, namun perlu ditangani secara tepat. Berikut lima jenis makanan yang bisa membantu menyembuhkan diare lebih cepat. Diare? Konsumsi Makanan Ini Diare bisa menyerang siapa saja. kenali beberapa faktor penyebab diare dan cara pengobatannya. Diare? Obati Dengan Ini