Profile
Kesehatan A-Z

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Tepat tanggal 27 Agustus, dunia merayakan Hari Pisang Sedunia. Menurut data United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), jumlah pisang di dunia termasuk keempat terbesar di dunia yang dikonsumsi oleh 400 juta orang. Hal ini tak mengejutkan sebab harga pisang terbilang terjangkau dan memiliki nutrisi yang komplet.

Nah, apa saja manfaat pisang bagi kesehatan? Berikut di antaranya:
1. Tekanan darah tinggi: Salah satu cara mencegah tekanan darah tinggi adalah mengatur asupan sodium dalam kehidupan sehari-hari. Namun konsumsi potasium (nutrisi yang terkandung dalam pisang) juga tidak kalah penting karena dapat memberikan efek melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah Anda lebih terkontrol.
2. Asma: Sebuah penelitian membuktikan bahwa anak yang mengonsumsi satu buah pisang per hari akan memiliki risiko mengidap asma yang lebih rendah. 
3. Kanker: Seseorang yang mengonsumsi pisang dan jeruk selama 2 tahun pertama kehidupannya akan memiliki risiko lebih rendah mengidap leukimia. Pasalnya, pisang mengandung vitamin C yang bisa menangkal efek buruk radikal bebas. Serat yang tinggi dari pisang juga bisa memperkecil kemungkinan kanker kolorektal yang menyerang sistem pencernaan.



4. Jantung: Serat, potasium, vitamin C, dan vitamin B6 dalam pisang akan menjaga kesehatan jantung Anda. Hal ini diungkapkan oleh Mark Houston, MD, MS., dari Hypertension Institute at St Thomas Hospital di Tennessee, Amerika Serikat. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan potasium pada pisang dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke maupun batu ginjal.
5. Diabetes: Penelitian memperlihatkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang menjalankan diet tinggi serat memiliki gula darah yang rendah. Sementara pengidap diabetes tipe 2 akan memiliki tingkat gula darah yang lebih baik, demikian juga dengan kadar insulin dan lipidnya. Pisang, dalam hal ini, dianggap bisa memenuhi kebutuhan serat para penderita diabetes sebab 1 buah pisang mengandung 3 gram serat.
6. Diare: Kandungan potasium pada pisang dapat menggantikan elektrolit yang hilang selama diare terjadi sehingga Anda tidak akan merasa lemas.
7. Konstipasi: Kandungan serat pada pisang dapat membantu mengatasi masalah konstipasi Anda.
8. Anemia: Kandungan vitamin B6  pada pisang dipercaya mampu mengatasi masalah anemia maupun neuritis. (AI)

Di-review oleh dr. Fransisca Alvionita

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya