Profile
Kesehatan A-Z

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat madu sudah dikenal sejak zaman dahulu. Orang-orang pada zaman Mesir Kuno sudah membudidayakan madu yang digunakan untuk menyembuhkan luka. 

Madu memiliki kandungan yang terdiri dari 80 persen gula alami, 18 persen air, dan 2 persen vitamin C, B6, thiamin, niacin, dan riboflavin. Manfaat madu juga bertambah banyak karena memiliki 22 asam amino penting dan mineral yang diperlukan tubuh. Meski manis, indeks glisemik madu lebih rendah daripada gula sehingga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes


Menambahkan madu pada air minum juga membuat tubuh tetap sehat. Berbeda dengan gula, rasa manis dari madu tidak memberikan ekstra kalori. Sebaliknya, meminum air madu di pagi hari dapat menurunkan kalori tubuh hingga 63 persen serta membantu membuang racun yang menumpuk di tubuh. Alhasil tubuh lebih penuh energi dan memperlancar metabolisme tubuh. 

Nah, tahukah Anda, meminum air madu ini baik dilakukan sebelum atau saat makan akan membantu Anda cepat merasa kenyang. Sementara itu, mencampurkan lemon ke dalam minuman teh di pagi atau sore hari dapat membuat Anda tak berselera makan. Anda juga bisa mencampurkan madu ke dalam irisan buah-buahan. Atau, oleskan madu ke dada ayam yang rendah lemak dan kaya protein sebelum dipanggang. 


Manfaat madu yang lain adalah memperlancar sistem pencernaan sehingga sering dianggap sebagai bahan pencahar alami sekaligus mengurangi gejala diare. Madu juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga risiko penumpukan plak dalam pembuluh arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung maupun stroke bisa menurun. Madu juga baik bagi daya tahan tubuh dan mencegah alergi.

Akan tetapi, perhatikan kadar konsumsi madu Anda. Pasalnya, madu tetaplah merupakan karbohidrat dan masih mengandung cukup banyak kalori. Jadi, jika Anda memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan kadar gula dalam darah, konsumsilah madu dalam porsi yang tidak berlebihan supaya tidak meningkatkan gula darah secara cepat. (PA)

Ditinjau oleh dr. Aria Wibowo

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur