Profile
Kesehatan Seksual

Makin Sering Wanita Berhubungan Seks, Makin Kuat Pula Daya Ingatnya

Makin Sering Wanita Berhubungan Seks, Makin Kuat Pula Daya Ingatnya

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat, seperti mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, minyak ikan atau melatih serta mengasah otak kita dengan berbagai permainan.

Namun, sebuah penelitian terbaru dari McGill University di Kanada menunjukan bahwa wanita yang sering melakukan hubungan seks ternyata dapat meningkatkan daya ingat mereka. Dalam penelitian itu ditemukan kaitan antara aktivitas seks yang sering dilakukan dengan pertumbuhan jaringan saraf di hippocampus, bagian otak yang berhubungan dengan memori. Sehingga, wanita yang sering melakukan hubungan seks, maka akan semakin baik pula ingatannya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan seks atau disebut juga penis-vagina intercourse (PVI) memberikan efek menguntungkan terhadap pertumbuhan otak wanita bagian hippocampus seperti memudahkan mereka untuk mengingat kata-kata. Hanya saja, hubungan seks tidak berpengaruh untuk mengingat wajah seseorang lebih baik.

"Secara bersama-sama, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PVI memiliki efek menguntungkan pada fungsi memori pada wanita muda yang sehat", studi menyimpulkan.

Sebenarnya tidak hanya PVI saja yang bisa meningkatkan daya ingat, penelitian terakhir juga menunjukkan bahwa setiap jenis aktivitas fisik memungkinan untuk merangsang wilayah hippocampus, mulai dari berjalan sampai yoga. Jadi, kegiatan apa pun selama itu mengarah pada peningkatan daya ingat, tidak ada salahnya Anda coba lakukan juga.

Namun, temuan kali ini bisa dibilang menarik karena menyoroti fakta bahwa hubungan seks ternyata bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan biologis saja, tetapi juga bermanfaat untuk meninkatkan daya ingat. Sebagai contoh, sebuah studi 2014 menemukan bahwa PVI ternyata juga dapat mengurangi kecemasan, sementara studi lain menemukan bahwa orang yang berlatih BDSM (Bondage and Discipline, Sadism and Masochism) seks akan lebih terbuka, lebih sadar dan peka terhadap penolakan. Jadi, apa pun alasan Anda untuk lebih sering berhubungan intim dengan pasangan Anda, ingatlah bahwa hal itu sangat baik dan bermanfaat untuk pikiran dan tubuh Anda.

Ditinjau oleh : dr. Adnan Yusuf

http://www.medicaldaily.com/frequent-sex-linked-better-verbal-memory-women-405701

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Menjaga kulit agar terhindar dari keriput bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang Dapat Mencegah Kulit Keriput Diare pada anak seringkali dipandang sebelah mata. Kenali gejala dan cara pengobatannya. Kenali Gejala dan Pengobatan Diare Pada Anak