Profile
Batu Ginjal

Makanan yang Berbahaya bagi Ginjal

Makanan yang Berbahaya bagi Ginjal

Ada banyak makanan yang dapat membahayakan ginjal sehingga bisa mengakibatkan gagal ginjal. Simak disini.

Setiap manusia normal terlahir dengan memiliki ginjal. Ginjal adalah organ tubuh yang berbentuk seperti kacang, berjumlah 2 buah, dan terletak di bagian punggung bawah dari rongga perut. Ginjal berfungsi menyaring bahan limbah dari darah dan mengeluarkannya bersama urine. Sayangnya, ada banyak makanan yang tanpa disadari dapat membahayakan ginjal sehingga bisa mengakibatkan gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut. Banyak orang yang tidak mengetahui akan bahaya dari makanan-makanan ini dan terus mengkonsumsinya hingga ginjal mengalami kerusakan. Ini contohnya:

Hemat pengeluaranmu dengan mengkonsultasikan masalah kesehatanmu di sini.

Daging

Mengonsumsi terlalu banyak daging dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Bahkan, diet tinggi protein dapat menyebabkan atau memperburuk masalah ginjal karena metabolisme protein hewani di dalam daging dapat memberatkan fungsi ginjal, sehingga ginjal kesulitan menyaring limbah tubuh.

Studi yang dilakukan European Journal of Nutrition tahun 2003 mengatakan bahwa makanan yang kaya protein hewani dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan asam urat. Sedangkan, diet vegetarian dapat menurunkan asam urat dan mencegah pembentukan batu ginjal. Sebagai informasi, asam urat adalah salah satu penyebab umum dari batu ginjal.

Garam

Garam bisa membahayakan ginjal bila ditambahkan terlalu banyak pada makanan. Alhasil, ginjal akan merespons dengan menahan air yang mengencerkan elektrolit di aliran darah. Hal tersebut dapat mengganggu fungsi jantung dalam memompa darah ke tubuh.

Pemanis buatan

Pemanis buatan bisa membahayakan ginjal. Hal ini berdasarkan penelitian Julie Lin MD, MPH, FASN dan Gary Curhan, MD, ScD, FASN dari Brigham and Women's Hospital yang dilakukan pada 3 ribu wanita. Kesimpulannnya, konsumsi pemanis buatan yang terkandung dalam soda, misalnya, bisa menurunkan fungsi ginjal hingga 2 kali lipat.

Minuman bersoda

Minuman bersoda (dengan atau tanpa pemanis buatan) dan minuman energi lainnya dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Sebuah studi menunjukkan minum dua atau lebih minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Maka, Anda disarankan lebih banyak mengonsumsi air putih dibandingkan minuman berwarna lainnya.

Kafein

Kafein dalam teh, kopi, soda, dan makanan yang mengandung kafein juga dapat membebani fungsi ginjal. Pasalnya, kafein bisa merangsang aliran darah yang dapat meningkatkan tekanan darah dan stres pada ginjal. Mengonsumsi kafein dalam jangka panjang juga meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal kronis, obesitas, diabetes, dan pembentukan batu ginjal.

Meski demikian, hal terpenting adalah menyeimbangkan pola makan dengan tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang berbahaya bagi ginjal serta perbanyak konsumsi banyak air putih. (DV)

Ditinjau oleh dr. Rahajeng A.P

Anda punya pertanyaan seputar Batu Ginjal ?
Ask Doctor
Angka bunuh diri terjadi hampir dua kali lipat lebih sering daripada pembunuhan. Mereka yang depresi dan penderita bipolar rentan melakukan bunuh diri. Penderita Bipolar Rentan Melakukan Bunuh Diri Angka bunuh diri terjadi hampir dua kali lipat lebih sering daripada pembunuhan. Mereka yang depresi dan penderita bipolar rentan melakukan bunuh diri. Penderita Bipolar Rentan Melakukan Bunuh Diri