Profile
Osteoporosis

Makanan Untuk Tulang Kuat

Makanan Untuk Tulang Kuat

Membangun tulang yang kuat dan sehat memang harus dilakukan sejak kita masih kecil. Akan tetapi, jika tidak dirawat dengan baik maka tulang pun tidak akan tumbuh secara sehat. Dan, salah satu penyakit yang akan menyerang tulang adalah osteoporosis. Umumnya, osteoporosis hanya menyerang seseorang yang telah lanjut usia saja. Namun, belakangan ini banyak sekali orang dewasa atau seseorang yang belum terlalu tua terserang osteoporosis. 

Penyebabnya biasanya karena orang tersebut kurang mengonsumsi kalsium dan vitamin D, serta gaya hidup yang buruk. Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang juga mendukung struktur tulang dan gigi Anda. Sedangkan vitamin D, membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. 
Kedua nutrisi tersebut sangat penting di awal kehidupan atau di masa kanak-kanaK. Jika Anda terdeteksi terkena osteopororsis ditandai dengan tulang rapuh dan pecah, Anda bisa mengonsusmi kalsium dan vitamin D yang akan membantu memperlambat penyakit dan mencegah kerapuhan tulang. 

Berikut beberapa asupan nutrisi yang baik untuk tulang Anda. Di antaranya adalah:
1.Yogurt
Beberapa orang sering mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari dan makanan tertentu seperti yogurt. Yogurt merupakan salah satu minuman yang diperkaya dengan vitamin D. Satu cangkir yogurt bebas lemak saja mengandung 30 persen kalsium dan 20 persen vitamin D. hal tersebut telah memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D Anda dalam sehari. 

2.Susu
Susu termasuk salah satu minuman yang banyak mengandung kalsium. Anda bisa mengonsumsi susu yang juga mengandung vitamin D (cek label kemasan), sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat ganda sekaligus. Namun, jika Anda bosa mengonsumsi susu saja, Anda bisa membuat campuran susu dengan buah yang dibuat smoothie.

3.Keju
Keju memang mengandung banyak kalsium, walaupun begitu Anda tak perlu mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Konsumsilah secara cukup dan tidak berlebihan sehingga sesuai dengan asupan kalsium harian Anda. Selain tiu keju juga mengandung vitamin D yang baik untuk tulang. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara membuat sandwich atau salad sayuran yang dicampur dengan keju.  


4.Sarden
Sarden atau ikan yang dalam kemasan kaleng pun mengandung vitamin D serta kalsium yang sangat tinggi. Selain itu, sarden memiliki rasa yang gurih dan lezat untuk Anda konsumsi. Misalnya saja dengan membuat pasta sarden. 

5.Telur
Walaupun telur hanya mengandung 6 persen vitamin D harian Anda, namun telur salah satu asupan yang mudah untuk diolah dan dikonsumsi. Nah, yang paling banyak mengandung vitamin D adalah kuning telurnya. 

6.Salmon
Salmon terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dan sehat untuk jantung. Mengonsumsi 3 ons salmon dalam sehari sudah menganduung lebih dari 100 persen vitamin D. Jadi selain baik untuk jantung, juga baik untuk tulang Anda.


7.Bayam
Bayam merupakan salah satu panganan yang Paling mudah diolah dan didapatkan. Selain kaya akan kalsium, bayam juga mengandung serat, zat besi, dan vitamin A. Anda bisa mengonsumsi bayam dengan berbagai macam kreasi, misalnya saja dengan membuat sayur bayam bening. 

8.Tuna
Tuna dan beberapa ikan berlemak lainnya merupakan sumber yang baik dari vitamin D. dengan mengonsumsi tuna sebesar 3 ons ANda telah mencukupi kebutuhan vitamin D sebesar 39 persen. (DV)

Ditinjau oleh: dr. Aria Wibowo

Anda punya pertanyaan seputar Osteoporosis ?
Ask Doctor
Sindrom syok keracunan bisa mengancam jiwa, gejalanya seperti bengkak, demam, ruam dan tidak enak badan. Kenali Gejala Sindrom Syok Keracunan yang Mengancam Jiwa Jerawat batu mengganggu penampilan dan kesehatan, coba cara ini untuk mengatasinya. Jerawat Batu, Begini Cara Membasmi dan Menangkalnya