Profile
Asupan Makanan dan Diet

Makanan Sehat yang Ternyata Beracun

Makanan Sehat yang Ternyata Beracun

Banyak dari Anda yang tidak menyadari, jika makanan yang Anda sukai dan sering dikonsumsi adalah makanan yang berbahaya. Baiknya, Anda mulai memilih dan lebih rajin mencari tau apa kandungan dari makanan itu dan apa efeknya bagi tubuh Anda. Makanan ini jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan efek negatif bagi tubuh Anda, seperti yang ada di bawah ini

1.Kentang

Pasti Anda tidak mengetahui zat beracun apa yang tedapat di dalam kentang, sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Terdapat Glycoalkaloid di dalam kentang, yaitu zat beracun yang dapat ditemukan di daun dan batang kentang. Zat ini akan muncul di dalam kentang yang terlalu lama didiamkan di bawah sinar matahari. Jika zat Glycoalkaloids sudah masuk ke dalam tubuh, akan menimbulkan kram, diare, sakit kepala, bahkan akan berujung pada kematian.

2.Almond

Banyak orang yang mengira almond adalah kacang, namun sebenarnya almond termasuk ke dalam biji-bijian. Namun, tidak ada yang tahu kalau almond mengandung racun yang tidak kalah bahaya dengan kentang, yaitu mengandung sianida. Jika tidak diproses di dalam panas dengan benar, maka racunnya tidak akan keluar dari dalam almond.  

3.Tomat

Sama dengan kentang, tomat juga mengandung zat Glycoalkaloids, zat tersebut biasa dipakai untuk mengontrol pes. Walaunpun buahnya tomat itu sendir tidak beracun, tapi daun serta ranting tanaman tomat mengandung Glycoalkaloids. Perlu diingat, daun dan ranting tomat tidak bisa langsung dimakan, tetapi hanya bisa digunakan dalam memasak.

4.Ikan Tuna

Di dalam ikan tuna terdapat zat merkuri yang sudah jelas sangat berbahaya bagi tubuh, itulah mengapa kita harus menghindari mengonsumsi ikan ini. Karena, sekali zat merkuri sudah masuk ke dalam tubuh Anda, akan merusak ginjal dan otak. Maka dari itu, sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak.

5.Singkong

Pasti hanya sedikit dari Anda yang tahu, bahwa daun dan akar singkong mengandung sianida. Oleh karena itu, bagi Anda penggemar singkong lebih baik memperhatikan pengolahannya sebelum dikonsumsi. Karena racun sianida akan hilang jika singkong diolah secara benar dan bersih.

6.Kacang Mede

Kacang mede bukanlah kacang, melainkan biji-bijian sama seperti almond. Kacang mede juga mengandung urushiol, yang jika tidak diproses perebusan untuk menghilangkan racunnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, bisa berbahaya bagi tubuh Anda. Racun ini dapat menyebabkan efek yang sama seperti poison ivy, atau poison oak. Tingginya kadar urushiol konon bisa berakibat fatal bagi tubuh manusia.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam Penyakit Diare banyak terjadi di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Cuaca di Indonesia kembali tidak menentu alias musim pancaroba. Waspada Diare Berkepanjangan