Profile
Asupan Makanan dan Diet

Makanan Pemulih Konsentrasi

Makanan Pemulih Konsentrasi

Seiring bertambahnya usia, daya konsentrasi seseorang akan semakin berkurang. Tak perlu takut akan hal ini, karena Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut, guna mengembalikan daya konsentrasi yang telah memudar :
 

  • Ginseng, ikan, berry, atau kafein?
    Empat jenis benda tersebut memang dapat memberikan efek yang baik bagi ingatan. Nikmati seluruhnya guna memepertajam fokus dan konsentrasi, meningkatkan memori, serta memperbaiki fungsi otak.

     
  • Kafein membuat Anda lebih ‘hidup’
    Tidak ada peluru ajaib untuk meningkatkan IQ atau membuat Anda lebih pintar, namun zat tertentu, seperti kafein, dapat memberi energi dan membantu Anda fokus dan berkonsentrasi. Kafein dapat ditemukan di kopi, cokelat, minuman energi, dan beberapa obat-obatan. Kafein memberikan ‘getaran’ yang membuat Anda lekas tersadar, meskipun dalam efek jangka pendek. Namun berhati-hatilah, berlebihan pada kafein dan dapat membuat Anda gelisah dan tidak nyaman.

     
  • Sarapan untuk bahan bakar otak
    Tergoda untuk mengabaikan sarapan? Penelitian menyatakan bahwa sarapan mampu menambah daya ingat dan perhatian seseorang. Seorang murid yang menikmati sarapannya di pagi hari, memiliki performa yang baik secara signifikan di kelas, ketimbang siswa yang tidak menjadikan sarapan sebagai prioritas. Gandum, buah, dan susu dapat menjadi pilihan utama. Namun jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena penelitian juga menjabarkan, kelebihan kalori saat sarapan justru menghambat konsentrasi.

     
  • Ikan sebagai makanan sungguhan otak
    Sebuah sumber protein yang terkait dengan meningkatkan otak besar adalah ikan. Selain kaya omega 3 dan asam lemak, ikan juga penting untuk fungsi otak dan pembangunan tubuh. Tingginya diet omega 3 asam lemak pada ikan, dihubungkan dengan demensia lebih rendah dan risiko stroke, penurunan mental lebih lambat, dan meningkatkan memori, terutama saat manusia bertambah tua.Untuk kesehatan otak dan jantung, makanlah dua porsi ikan setiap minggu.

     
  • Tambahkan Dosis Harian Kacang dan Cokelat
    Kacang dan biji-bijian merupakan sumber yang baik dari vitamin E antioksidan, yang berhubungan dengan penurunan kognitif yang ditolak usia Anda. Coklat hitam memiliki sifat antioksidan kuat lainnya, serta mengandung stimulan alami seperti kafein, yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi.
    Nikmati hingga satu ons sehari kacang dan cokelat hitam guna menyediakan semua manfaat tubuh yang Anda butuhkan, tanpa harus berlebihankalori, lemak, atau gula.

     
  • Vitamin, Mineral, dan Suplemen?
    Meskipun banyak laporan mengenai kekuatan otak dapat ditingkatkan dengan suplemen seperti vitamin B, C, E, beta-karoten, dan magnesium, ternyata suplemen hanya berguna untuk orang yang diet dengan jumlah nutrisi yang rendah. Para peneliti optimis tentang ginseng, ginkgo, vitamin, mineral, dan kombinasi herbal dan dampaknya pada otak. Untuk memastikannya, konsultasikan dengan dokter Anda.


 

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat