Profile
Kesehatan A-Z

Makan Ini Agar Tak Gampang Sakit di Cuaca Ekstrem

Makan Ini Agar Tak Gampang Sakit di Cuaca Ekstrem

Cuaca ekstrem membuat kita rentan sakit, makanan bergizi bisa menghindari kita dari penyakit

Cuaca ekstrem berupa hujan ringan disertai angin kencang yang terjadi belakangan  ini, membuat kita harus waspada terhadap serangan penyakit. Cara terbaik untuk melindungi tubuh dari penyakit adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Mengonsumsi makanan yang tepat membuat sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik sehingga Anda tidak gampang sakit dan membantu Anda cepat pulih saat jatuh sakit. Karena kita tidak bisa mengendalikan cuaca dan penyebaran penyakit, yang bisa kita lakukan adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. 

Perlu Anda ketahui, pertarungan tubuh kita untuk kekebalan dimulai di mulut. Air liur Anda mengandung antimikroba kuat seperti lysozyme, alpha-amylase dan lactoferrin. Setiap kuman yang menyelinap akan menghadapi asam hidroklorida perut kita. Jika mereka bertahan, mereka akan melawan protein dan senyawa kimia dalam sistem pencernaan kita yang menghancurkan bakteri jahat.

Akhirnya, populasi bakteri pribadi kita sendiri bekerja. Mereka mencegah bakteri jahat memasuki aliran darah kita atau berakar di usus kecil dan usus besar kita. Bakteri baik itu disebut probiotik yang merupakan tentara untuk melawan penyakit.

Makanan kaya serat 
Jika Anda ingin bakteri di tubuh Anda bekerja untuk Anda, Anda harus memberi mereka makanan yang tepat, yaitu yang kaya serat seperti buah dan sayuran. Jangan memberikan makanan olahan, lemak dan gula, karena mereka tidak terlalu suka. Itu sebabnya, makanan yang bergizi seimbang sangat disarankan agar kekebalan tubuh Anda mampu melawan virus dan infeksi. 

Prebiotik dan probiotik 
Anda ingin mengumpulkan bakteri sehat di tubuh Anda? Berikan prebiotik. Konsumsilah makanan yang kaya prebiotik setiap hari. Beberapa sumber makanan prebiotik terbaik adalah:

- Sayuran: asparagus, bawang putih, artichoke,  dan daun bawang 
- Karbohidrat: kacang-kacangan, gandum, quinoa, gandum hitam, gandum, kentang dan ubi jalar
- Buah: apel, pisang, buah beri, buah sitrus, buah kiwi
- Lemak: biji rami dan biji chia

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen prebiotik. Namun, suplemen adalah makanan tambahan, bukan pengganti, jadi yang utama adalah memenuhi kebutuhan prebiotik dengan makanan terlebih dulu. 

Sementara itu, probiotik (bakteri itu sendiri) membantu kita tetap sehat dan pulih lebih cepat begitu kita sakit. Jika Anda sehat, konsumsi  satu sampai dua porsi makanan kaya probiotik setiap hari (lebih jika Anda mencoba mencegah atau meringankan masalah medis).

Beberapa sumber probiotik terbaik adalah:
- Susu: yogurt, keju dan kefir dengan kultur hidup dan aktif
- Sayuran fermentasi: acar, asinan kubis, kimchi
- Fermentasi kedelai: miso, tempe

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen probiotik untuk memberi bakteri usus sehat Anda sebagai bantuan ekstra - cukup hubungi dokter Anda terlebih dahulu. Mengonsumsi banyak prebiotik dan probiotik akan membantu Anda melawan virus dan infeksi bakteri.

Bila diet sehat telah Anda lakukan dan Anda tetap saja sakit, mengonsumsi makanan ini akan membuat Anda pulih lebih cepat: 
- Bawang putih: Bertindak sebagai antibiotik dan mengurangi keparahan pilek dan infeksi lainnya.
- Sup ayam: Makanan yang enak ini menyediakan cairan dan elektrolit, dan mungkin mengandung sifat anti-inflamasi yang mengurangi gejala dingin. 
- Teh hijau: Meningkatkan produksi antibodi sel B, membantu kita menyingkirkan patogen penyerbu. 
- Madu: Memiliki sifat antibakteri dan antimikroba dan membantu menekan batuk. 

Banyak buah dan sayuran dibutuhkan untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh Anda. Itu termasuk zat besi, seng, magnesium, mangan, selenium, tembaga, asam folat dan vitamin A, C, D, E, B6 dan B12.  

Jadi tidak bisa ditawar lagi bahwa diet seimbang yang sehat yang mendukung sistem kekebalan tubuh Anda adalah pilihan terbaik untuk menghindari sakit.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Jika Anda sulit mempunyai keturunan, kemungkinan tujuh faktor ini penyebabnya Deteksi 7 Penyebab Sulit Hamil Kesehatan jantung perlu dijaga dengan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan lainnya. 7 Kiat Menjaga Jantung Sehat