Profile
Kesehatan Pria

Kurang Tidur Menurunkan Hormon Testosteron

Kurang Tidur Menurunkan Hormon Testosteron

Jam tidur yang kurang, walaupun hanya sebentar, akan sangat berpengaruh pada kadar hormon testosteron. Sebuah studi menyimpulkan, kekurangan jam tidur pada laki-laki yang sehat (hanya tidur lima jam), dapat menurunkan kadar testosteron sampai dengan lima belas persen.

Hormon yang meningkat disaat seorang pria memasuki masa pubertasnya ini, berperan penting dalam pembentukan masa otot, kepadatan tulang, produksi sel darah merah dan produksi sperma.

Turun nya hormon tersebut dapat memperburuk keadaan seksual, misalnya, libido menjadi turun dan berkurangnya kemampuan melakukan ereksi secara spontan termasuk saat Anda sedang tidur. Dampak lainnya adalah energi berkurang, sulit berkonsentrasi, rambut rontok, depresi dan cepat lelah.

Tidurlah minimal delapan jam sehari agar kadar hormon Anda tetap stabil. Kurangi konsumsi kafein (termasuk saat Anda mengkonsumsi kopi untuk menghindari kantuk di kantor), kurangi makan malam yang terlalu berat dan mandi air hangat, supaya tubuh Anda rileks kembali.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Pria ?
Ask Doctor
Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil? Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak