Profile
Kesehatan A-Z

Kembalikan Semangat Kerja Usai Liburan

 Kembalikan Semangat Kerja Usai Liburan

Pasca liburan membuat Anda tidak bersemangat? Yuk, lakukan langkah ini

Setelah liburan panjang yang menyenangkan, Anda harus kembali bekerja. Pikiran Anda masih tertinggal di tempat liburan, tapi Anda harus segera menyelesaikan setumpuk pekerjaan. Yuk, move on,  kembalikan lagi  semangat Anda dengan cara ini:  

Rencanakan liburan 
Baru pulang liburan, sudah merencanakan liburan lagi? Ya, itu salah satu cara yang disarankan oleh Jaimie Bloch, direktur klinis Australia di MindMovers Psychology. Menurutnya memiliki rencana yang menyenangkan sangat penting untuk mengimbangi emosi negatif setelah liburan. 

"Penelitian tentang bagaimana kita mengalami kesenangan dan kegembiraan telah menemukan, bahwa antisipasi sesuatu dapat menghasilkan tingkat emosi positif yang sama seperti pengalaman aktual dari aktivitas yang menyenangkan, seperti liburan," katanya.

Ini berarti bahwa pengalaman liburan yang menyenangkan dan merencanakan liburan itu, membangkitkan kegembiraan neurobiologis yang sama.

Jadi, lihat kalender dan rencanakan liburan Anda berikutnya.  

Hangout
Jangan terlalu lama leyeh-leyeh, hubungi teman dan bersenang-senanglah. Psikolog perkembangan yang berbasis di Melbourne, Stephanie Lau, mengatakan bahwa tetap sibuk akan membantu mengalihkan pikiran Anda dari perasaan negatif yang terkait dengan kembali bekerja.

"Kembali ke kenyataan sering menyebabkan penurunan mood, jadi penting untuk memastikan Anda memiliki aktivitas sosial yang menyenangkan," kata pakar ahli psikologi liburan tersebut.

Hangout dengan teman-teman atau mengerjakan hobi, adalah hal-hal yang dapat membuat Anda sibuk sehingga Anda tidak perlu memikirkan kenyataan untuk kembali bekerja.

Olahraga dan Tidur Teratur

Liburan membuat Anda cuti berolahraga? Kini saatnya Anda kembali ke gym. Menurut Lau, berolahraga dan memulihkan pola tidur Anda akan membantu mempercepat fase penyesuaian pasca-liburan. Lau juga menambahkan bahwa tidur memberi kesempatan pada tubuh untuk  memperbaiki dan mendapatkan kembali energi Anda yang menguap selama liburan. Ia menekankan pentingnya  olahraga karena adanya korelasi yang kuat antara kesejahteraan fisik dan emosional.

Anda harus berolahraga untuk melengkapi kesehatan fisik sehingga Anda memiliki energi untuk kembali ke rutinitas.

Isi Lemari Es Anda 

Begitu Anda kembali dari liburan, kemungkinan besar lemari dan lemari es Anda akan terlihat sedikit kosong. Kini saatnya Anda segera belanja dan isi lemari makanan, karena 'lapar' bisa disalahartikan sebagai blues pasca liburan, kata Georgeou.

Isi lemari dengan makanan yang mengandung karbohidrat, buah atau yoghurt, karena  akan membantu meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh. Sediakan juga kacang atau keju untuk  memberikan energi yang berkelanjutan sepanjang hari. 

Georgeou juga menyarankan untuk mengemil setiap tiga sampai empat jam, terutama di sore hari, untuk menghindari makan berlebihan pada waktu makan malam.

Hindari Dehidrasi
Georgeou mengatakan bahwa hidrasi telah terbukti memiliki efek pada suasana hati, terutama pada atlet. "Kurangnya hidrasi menyebabkan Anda kurang konsentrasi, kurang vitalitas dan pasti bisa memengaruhi mood Anda,” katanya.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan