Profile
Kesehatan Seksual

Kehidupan Seks yang Aktif Bikin Kulit Lebih Kencang

Kehidupan Seks yang Aktif Bikin Kulit Lebih Kencang

Seks memberikan manfaat kesehatan, dari mood lebih baik hingga membuat kulit lebih kencang.

Selain menyehatkan jantung, kehidupan seks yang aktif juga memberi manfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Mulai dari kulit hingga jauh ke dalam hati Anda. 

1. Meningkatkan suasana hati
Orang yang teratur melakukan hubungan intim setiap minggu, terbukti lebih bahagia. Ini menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Toronto-Mississauga terhadap sekitar 30.000 relawan di Amerika. Pemimpin penelitian,  Amy Muise, mengatakan "Temuan kami menemukan bahwa menjaga keintiman dengan pasangan adalah salah satu faktor kebahagiaan. Seks adalah salah satu cara menjaga keintiman. Tetapi, Anda tidak perlu melakukan hubungan seks setiap hari selama Anda menjaga koneksi dengan pasangan."

Jika jadwal pekerjaan Anda sulit untuk diajak kompromi, tiap hubungan intim yang bisa Anda lakukan tetap sangat berarti. Bercinta dapat membuat tubuh Anda dibanjiri hormon serotonin, dopamin dan oksitosin. Semua itu adalah hormon yang membuat Anda merasa bahagia dan dapat memerbaiki suasana hati.  

2. Kognisi yang lebih baik 
Sebuah studi tahun 2010 menemukan bukti bahwa aktivitas seksual merangsang pertumbuhan sel di hippocampus, suatu wilayah otak yang memainkan besar dalam kemampuan memori jangka panjang. Para peneliti di Rutgers University meneliti tentang orgasme wanita selama lebih dari 25 tahun. Mereka menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk melihat kondisi otak wanita pada saat orgasme. Peneliti menemukan bahwa ada lebih dari 30 area otak yang aktif saat orgasme. Ketigapuluh daerah otak ini mereka mengalami peningkatan aliran darah, yang berarti asupan nutrisi dan oksigen juga. Seks adalah makanan untuk otak. 

3. Migrain
Para peneliti di University of Munster, Jerman menyimpulkan bahwa seks bisa membantu mengatasi migrain. Lain kali Anda merasa pusing dengan disertai gejala visual seperti melihat spiral berputar-putar misalnya, lupakan ibuprofen dan sentuh Si Dia di tempat-tempat yang sensitif sebagai gantinya. 

4. Kulit sehat
Hormon lain yang dipicuboleh aktivitas bermesraan adalah dehydroepiandrosterone, atau DHEA. DHEA diproduksi oleh kelenjar adrenal sebagai bagian dari respon stres. Seks termasuk dalam kategori stres tapi stres yang membahagiakan dan menyehatkan. DHEA memainkan peran dalam banyak aspek kesehatan termasuk kulit, rambut, berat badan dan kesehatan adrenal. Seks juga dapat meningkatkan kadar kolagen sehingga kulit nampak lebih muda dan kenyal.  

5. Mengurang kecemasan 
Peneliti di University of Groningen di Belanda melakuan scan PET atau positron emission tomography pada para wanita relawan selama mereka orgasme. Dari hasil scan terlihat bahwa daerah hippocampus dan amygdala menjadi tidak aktif saat orgasme. Keduanya adalah area otak yang berperan dalam mengatur kewaspadaan dan kegelisahan. Penulis penelitian mengatakan, temuan mereka mendukung kepercayaan umum selamaini yang mengatakan bahwa stres dan kecemasan akan menurun dengan aktivitas seksual. Para peneliti memiliki scan otak untuk membuktikannya!

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan nyeri kepala berdenyut yang umumnya hanya mengenai satu sisi kepala saja. Meski demikian, lama-kelamaan rasa sakit tersebut dapat menyebar ke dua sisi kepala. 5 Tanda Migrain yang Perlu Diwaspadai Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan nyeri kepala berdenyut yang umumnya hanya mengenai satu sisi kepala saja. Meski demikian, lama-kelamaan rasa sakit tersebut dapat menyebar ke dua sisi kepala. 5 Tanda Migrain yang Perlu Diwaspadai