Profile
Nutricoach

Kecukupan Gizi Selama kehamilan

Kecukupan Gizi Selama kehamilan

Kecukupan Gizi Selama kehamilan

Tentunya semua calon ibu mengharapkan proses kehamilannya berlangsung dengan sehat dan selamat. Untuk itu perlu didukung dengan pola hidup sehat selama hamil, selain kondisi kesehatan ibu tentunya. Pola kesehatan ibu selama hamil meliputi rutin melakukan aktivitas dan latihan fisik setiap hari, mengonsumsi beraneka ragam bahan makanan setiap kali makan, mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral bila diperlukan, tidak mengonsumsi alkohol dan bahan berbahaya serta menjaga keamanan pangan yang dikonsumsi.

Diharapkan hasil dari kehamilan tersebut adalah lahirnya bayi yang sehat dan tidak mengalami kondisi prematur, kurang berat lahir ataupun mengalami keterbatasan pertumbuhan dalam rahim, yang utamanya disebabkan oleh gangguan transpor oksigen dan zat gizi dari ibu ke janin melalui plasenta. Ternyata, sekitar 50% dari penyebab gangguan transpor oksigen dan zat gizi melalui plasenta tersebut disebabkan oleh kecukupan zat gizi, khususnya zat gizi mikro (vitamin dan mineral) dan asam lemak serta protein.

Apa yang akan terjadi bila ibu hamil mengalami kurang gizi? Perlu diketahui bahwa kurang gizi sejak masa awal kehamilan akan menyebabkan terjadinya program adaptasi dari pertumbuhan janin terhadap kondisi gizi ibu, sehingga akan terjadi gangguan pertumbuhan embrio akibat adanya gangguan hubungan antara janin dan plasenta. Proses selanjutnya akan terjadi program adaptasi lebih lanjut pada pertumbuhan janin, yaitu terjadinya gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah serta gangguan pertumbuhan ginjal janin. Akibat dari program adaptasi tersebut adalah terjadinya persalinan prematur dan rendahnya berat badan lahir bayi. Akibat dari masalah tersebut akan berlanjut di kehidupan selanjutnya saat usia dewasa, yaitu terjadinya kegemukan, hipertensi, penyakit jantung dan pembuluh darah, gangguan fungsi ginjal dan adaptasi metabolik lanjut (penyakit diabetes mellitus).

Zat gizi apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan dan berapa banyak angka kecukupannya? Berikut adalah anjurannya sesuai AKG (angka kecukupan gizi) 2012:

Zat Gizi

Tidak Hamil

Trimester-1

Trimester-2

Trimester-3

Energi

2250 kalori

+180 kalori

+300 kalori

+300 kalori

Air

2300 mL

+300 mL

+300 mL

+300 mL

Protein

56 gram

+20 gram

+20 gram

+20 gram

Zat besi

26 mg

0

+9 mg

+13 mg

Asam folat

400 mikrogram

+200 mkg

+200 mkg

+200 mkg

Kholin

425 mg

+25 mg

+25 mg

+25 mg

Iodium

150 mkg

+70 mkg

+70 mkg

+70 mkg

Kalsium

1100 mg

+200 mg

+200 mg

+200 mg

Seng

10 mg

+2 mg

+4 mg

+10 mg

DHA

1,1 g

+0,3 g

+0,3 g

+0,3 g

Vitamin A

500 mkg

+300 mkg

+300 mkg

+300 kg

Vitamin C

75 mg

+10 mg

+10 mg

+10 mg

 

Semua zat gizi yang dibutuhkan selama masa kehamilan tersebut dapat dipenuhi utamanya dari asupan makanan sehari-hari, yaitu dengan mengonsumsi berbagai jenis bahan makanan sebagai sumber energi, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan air, dengan porsi sedikit lebih banyak dibandingkan porsi makan saat sebelum hamil dan disantap dengan jadwal yang teratur sebagai makan pagi, makan siang dan makan malam serta selingan di antara dua waktu makan tersebut. Berikut adalah bahan makanan sumber zat gizi tersebut:

Sumber energi/karbohidrat)

9 porsi sehari @ 30g

Nasi, mie, roti, kentang, jagung

Sumber vitamin dan mineral

3-5 porsi sehari @ 100g

Sayuran berwarna hijau, kuning dan merah

 

2 porsi sehari @ 100g

Buah: semangka, papaya, jeruk, manga

Sumber protein

5 porsi sehari @ 100g

Susu dan produk susu

 

2 porsi sehari @ 30g

Protein nabati: kacang dan produk kacang

 

1 porsi sehari @ 30g

Protein hewani: daging, unggas, telur, ikan

Sumber lemak

6 porsi sehari @ 5g

Minyak nabati

Sumber gula

4 porsi sehari @ 5g

Gula pasir

 

Kecukupan gizi selama kehamilan ini dapat dimonitor dari kecukupan kenaikan BB ibu hamil selama masa kehamilan yang bergantung pada indeks massa tubuh (IMT) saat memulai kehamilannya. 

 

Oleh : Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc

Anda punya pertanyaan seputar Nutricoach ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma