Profile
Kesehatan Mata dan Pengelihatan

Jangan Dikucek, Lakukan Ini Bila Mata Kemasukan Benda Asing

 Jangan Dikucek, Lakukan Ini Bila Mata Kemasukan Benda Asing

Mata kemasukan benda asing, jangan dikucek, tapi lakukan langkah-langkah ini

Saat benda asing masuk ke mata Anda, Anda akan langsung tahu karena terasa tidak nyaman. Mata bisa kemasukan bulu mata, partikel debu, atau pasir kecil. Selain sangat menyakitkan, benda asing pada mata Anda juga dapat membuat Anda berisiko terkena infeksi.  Bila hal ini terjadi ini yang seharusnya (dan tidak boleh dilakukan) saat mata kemasukan benda asing: 

Tangani dengan Lembut
Ketika benda asing masuk ke mata, reaksi pertama Anda adalah menguceknya. Menurut Randy McLaughin, OD, seorang dokter mata di The ohio State Wexner Medical Center, jika Anda mencoba mengeluarkan benda tersebut dengan cara lembut dan berhati-hati, boleh saja. Namun terlebih dulu cucilah tangan dengan sabun dan air. “Lembut” adalah kata kuncinya: Jika Anda menguceknya, kemungkinan Anda bisa berakhir dengan abrasi kornea yang menyakitkan.  Anda juga tidak boleh mengeluarkan benda yang lebih besar dari bola mata, segala sesuatu yang tampak tertanam atau apapun yang memiliki sisi kasar. Segera ke dokter jika Anda mendapati benda tersebut pada mata Anda. 

Gunakan Air 
Memercikkan mata dengan air bersih adalah cara yang biasa dilakukan untuk mengeluarkan benda di mata. “Arahkan mata yang kemasukan benda ke dalam wadah yang berisi air atau di bawah kucuran wastafel,” katanya. Bila Anda sedang berada di rumah, teteskan obat tetes mata untuk mengeluarkan benda tersebut.

Temui Dokter
Dr. McLaughlin mengatakan kesalah terbesar yang dilakukan orang adalah mengabaikan benda asing pada mata selama berhari-hari. Jika Anda masih bisa merasakan benda asing tersebut dan Anda tidak bisa mengeluarkannya, mungkin Anda perlu segera menemui dokter. “Semakin lama partikel tetap berada pada mata, semakin besar risikonya bisa menggores kornea atau menjadi terinfeksi. Dokter dapat menggunakan biomiscroscope (atau disebut juga lampu celah) untuk melihat ke dalam mata dan menentukan apakah partikel tersebut bersarang atau tidak. Anda juga harus segera pergi ke dokter jika mengalami sakit atau kemerahan pada mata setelah mengeluarkan benda tersebut dengan cara menggunakan air. 

Setelah benda tersebut dikeluarkan, mata Anda akan terasa perih. Dokter kemungkinan akan memberikan Anda antibiotik untuk memastikan tidak ada infeksi. 
Lindungi selalu mata Anda dengan sunglasses bila Anda berada di luar rumah. Dan jika Anda bekerja di di lingkungan yang banyak benda-benda kecil beterbangan seperti di taman atau bengkel, pakailah kacamata pelindung. 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mata dan Pengelihatan ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan