Profile
Kesehatan A-Z

Inilah Penyebab Urin Berbau Tak Sedap

Inilah Penyebab Urin Berbau Tak Sedap

Urin berbau aneh atau tak sedap, seringkali dianggap remeh. Padahal, selain membuat diri Anda tidak nyaman, urin berbau tidak sedap juga jadi pertanda masalah kesehatan ini:

  • Dehidrasi

Penyebab paling utama yang menyebabkan urin Anda mengeluarkan bau tak sedap adalah, Anda mungkin kurang mengonsumsi air putih. “Saat tubuh Anda dehidrasi, urin memiliki bau yang kuat dan muncul warna gelap,” kata Sherry Ross,M.D., Dokter dari Providence St. John’s Health Center, Santa Monica. Jadi, sebaiknya konsumsi air putih yang cukup agar tubuh Anda tidak dehidrasi.

  • Anda Mengidap Infeksi Saluran Kencing

Bakteri menyebabkan infeksi yang menyebabkan bau tak sedap, serta menyebabkan urin Anda mengeluarkan darah.

  • Diabetes

Terlalu banyak makan makanan manis bisa jadi Anda terkena diabetes, dan salah satu penyebab kencing menjadi muncul bau aneh adalah diabetes. Jadi, jika kencing Anda berbau aneh, bisa jadi bau itu muncul karena gula yang dieksresikan oleh ginjal Anda.

  • Infeksi Ragi ( Yeast Infection)

Infeksi ragi adalah, meliputi infeksi yang berkisar dari yang ringan seperti sariawan mulut dan vaginitis, sampai yang berpotensi mengancam kehidupan manusia. Infeksi ragi akan menyebabkan gatal pada daerah sekitar vagina Anda. Bukan hanya itu, infeksi ragi juga dapat menyebabkan kencing Anda berbau tak sedap.

  • Kelainan Genetik

Jika kencing Anda berbau “busuk,” atau “amis”, Anda mungkin memiliki kondisi yang disebut Trimethylaminuria. Itu lebih sering terjadi pada wanita, dan gejala dapat memperburuk atau menjadi lebih terlihat saat pubertas, sebelum atau selama menstruasi, atau saat menjelang menopause.

 

Ditinjau oleh: dr. Jezzy Reisya

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Lupus adalah penyakit auto imum yang memiliki beberapa gejala seperti persendian bengkak, demam dan kelelahan. Ini yang Perlu Anda Tahu Tentang Lupus, Penyakit yang Diderita Selena Gomez Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan