Profile
Diare

Inilah Obat Diare yang Alami

Inilah Obat Diare yang Alami

Obat diare yang alami dapat membantu mengatasi keluhan yang terjadi akibat penyakit diare. Saat Anda mengalami diare, tinja akan berair, perut mulas atau melilit, serta meriang. Ada beberapa penyebab diare yaitu virus, bakteri, parasit, atau obat tertentu yang dapat memicu diare. 

Makanan atau minuman yang kurang higienis juga bisa menjadi penyebab diare. Namun, ada juga makanan yang bisa menjadi obat diare. Pasalnya, makanan ini dapat mempercepat penyembuhan diare. Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat Anda mengalami diare:

Pisang

Kandungan serat yang larut dalam air pada pisang membantu melancarkan jalannya tinja. Tak hanya itu, pisang juga mengandung kalium yang dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang selama diare. Anda pun tak akan lemas selama diare.

Yoghurt

Saat diare, tubuh sebenarnya sedang melawan bakteri jahat. Nah, yoghurt bisa menjadi obat diare yang alami karena mengandung bakteri baik yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan menjadi lancar. Tak hanya itu, yogurt mudah dicerna, sehingga tidak menimbulkan iritasi.

Ayam kukus

Salah satu makanan yang bisa menjadi obat diare yang alami adalah daging ayam kukus. Pasalnya, daging ayam kukus adalah sumber protein yang mudah dicerna sehingga cukup aman untuk memberikan gizi ke dalam tubuh saat diare. Namun hindari ayam goreng atau ayam yang ditumis.

Teh herbal

Teh peppermint dan chamomile dapat digunakan sebagai obat diare yang alami sekaligus meredakan dan memberikan rasa nyaman ketika terserang diare. Chamomile dapat menghilangkan peradangan dan nyeri usus. Sementara bunga chamomile terbukti ampuh sebagai obat diare yang alami. Di sisi lain, saat teh peppermint diminum, otot-otot menjadi rileks sehingga gas dalam usus berkurang dan menyembuhkan diare. 

Blueberry

Blueberry mengandung tannin yang dapat membantu menyembuhkan perut kembung. Blueberry juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan serta mengandung serat yang mudah larut sehingga bisa digunakan sebagai obat diare yang alami.

Walaupun diare dapat diatasi dengan mudah, tapi diare juga tidak bisa diremehkan karena bisa berakibat fatal. Jadi, jika Anda mengalami diare lebih dari tiga hari, segera konsultasikan ke dokter. (PR)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

 
Anda punya pertanyaan seputar Diare ?
Ask Doctor
Diare bisa menyerang siapa saja termasuk anak. Ada beberapa gejala diare yang perlu diwaspadai Anak Diare, Kapan Perlu Ke Dokter? Menjaga kecantikan kulit saat hamil berbeda dengan yang tidak. Ini caranya agar kulit Anda terjaga kecantikannya. Tips Menjaga Kecantikan Kulit Saat Hamil