Profile
Asupan Makanan dan Diet

Inilah Cara Diet Sehat

Inilah Cara Diet Sehat

Cara diet sehat yang benar.

Banyak orang mencari cara diet sehat untuk memilki tubuh yang ideal. Memiliki tubuh yang bagus dengan berat dan tinggi badan ideal adalah impian semua orang. Faktor utama yang harus Anda lakukan adalah mengatur pola makan atau menjalani diet.

Tapi sayangnya, banyak orang yang menganggap diet sama dengan mengurangi porsi makan atau malah tidak boleh makan sama sekali. Alih-alih mendapat tubuh langsing yang diidamkan, tubuh menjadi tidak fit, mulai dari sariawan hingga terkena maag.

Melakukan diet sehat adalah jawabannya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara diet sehat yang dapat Anda lakukan :

Kenali metabolisme tubuh

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah kenali terlebih dulu metabolisme tubuh. Hal ini berfungsi untuk mengubah asupan panganan dan minuman menjadi sumber energi. Hal tersebut dikarenakan tingkat metabolisme dipengaruhi oleh komposisi tubuh. Metabolisme pada wanita cenderung lambat karena jaringan lemak lebih tinggi daripada otot.

Pasang target yang masuk akal

Saat Anda memutuskan berdiet, targetkanlah berat badan yang harus Anda turunkan. Tak usah muluk-muluk karena berat badan idelanya turun sebesal 0,5 kg per minggu. Jadi, jangan terlalu terobsesi ingin menurunkan berat badan secara drastis karena hal ini justru akan membahayakan kesehatan.

Seimbangkan jumlah kalori

Meski hal ini cukup merepotkan, namun memperhatikan jumlah asupan kalori yang dikonsumsi setiap hari terbukti dapat menurunkan berat badan. Rata-rata pria membutuhkan 2500 kalori per hari dan wanita membutuhkan 2000 kalori per hari. Namun, Anda harus menyeimbangkan jumlah kalori dengan energi yang akan digunakan karena terlalu banyak membakar kalori justru akan memperlambat proses metabolisme tubuh. Jika metabolisme berjalan lambat, justru akan menimbun lemak. 

Tetap sarapan

Kebanyakan orang berpikir bahwa tidak sarapan dan hanya makan saat makan siang adalah cara cepat menurunkan berat badan. Padahal, sarapan justru dapat mempercepat proses metabolisme. Lalu, percepat sarapan yang biasanya pukul 09.00 pagi menjadi pukul 07.00 agar proses pembakaran energi dimulai lebih cepat.

Rajin olahraga

Melakukan diet hanya menjaga pola makan tanpa olahraga tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Olahraga sangat diperlukan untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Anda tak perlu melakukan olahraga berat, cukup olahraga ringan seperti berjalan kaki atau lari 3 - 4 kali seminggu selama 60 menit saja.

Semoga bermanfaat! (PR)

Ditinjau oleh dr. Rahajeng A.P

 
Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur