Profile
Kesehatan A-Z

Ingin Sehat? Kurangi Junk Food

Ingin Sehat? Kurangi Junk Food

Makanan sehat, seringkali dianggap tak menarik dan membosankan. Sebagai gantinya, konsumsi junk food kian meningkat. Padahal, semakin banyak mengonsumsi junk food, semakin tinggi risiko terkena berbagai penyakit. Sebenarnya, Anda tak perlu menghindari sama sekali makanan yang dianggap kurang sehat tersebut, melainkan mengurangi konsumsinya dan memodifikasi pola makan, agar menjadi lebih sehat bagi tubuh. 

Berikut lima trik yang dapat Anda coba: 

1.Hindari gorengan
Ganti ayam goreng dengan ayam yang dioven atau dipanggang, serta buang kulit daging. Jenis daging dan kulitnya mengandung lemak tersaturasi yang tinggi dan dapat menimbun lemak serta kolesterol. Timbunan lemak ini dapat meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi dan penyakit jantung lainnya. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, sebaiknya hilangkan terlebih dahulu bagian kulit sebelum Anda memasak daging ayam, serta gunakan metode pemanggangan untuk mengolah daging. 

2.Selalu tambahkan buah dan sayuran
Mayoritas orang cenderung mengonsumsi sedikit buah dan sayur, tapi mengonsumsi lebih banyak makanan berbahan dasar karbohidrat, seperti pasta dan sereal. Anda dapat menyiasatinya dengan menambahkan sayuran pada pasta, serta buah pada sereal. Selain menambah cita rasa, buah dan sayuran dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak terdapat pada makanan berbahan dasar karbohidrat. Dengan demikian, Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori dan mendapat lebih banyak nutrisi dari buah dan sayuran yang dikonsumsi. 


3.Gantikan garam dengan bumbu rempah
Bawang putih, oregano dan kayu manis adalah contoh bahan rempah yang dapat Anda gunakan untuk menggantikan garam. Berbagai bahan rempah tersebut tidak mengandung kalori maupun sodium, namun kaya akan rasa. Gantikan atau kurangi penggunaan garam dengan menambahkan bumbu rempah, untuk mengurangi risiko timbulnya darah tinggi dan penyakit jantung. 

4.Ganti roti dan tepung dengan gandum
Gandum utuh dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga membantu Anda mempertahankan berat badan ideal dan juga dapat memperbaiki kesehatan saluran cerna. Konsumsi gandum utuh yang disarankan, minimal sebanyak 3 kali 1 ons dalam sehari. Selain itu, Anda juga dapat mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat lainnya seperti beras merah, sereal gandum, dan kentang. 


5.Kurangi konsumsi daging 
Daging memang merupakan jenis makanan yang mengenyangkan. Untuk memulai kebiasaan sehat, kurangi konsumsi protein hewani dan cobalah untuk menggantinya dengan protein nabati.  Tak hanya memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh, pola makan ini, juga dapat mempertahankan kesehatan jantung. Dapatkan separuh protein dari kacang-kacangan yang cocok dipadukan dengan menu makan daging. Kurangi ukuran daging yang Anda makan, seperti dari 6 ons menjadi 2-3 ons dan jika diperlukan, Anda dapat mengganti jenis makanan berkarbohidrat tinggi (seperti nasi maupun kentang) dengan sayuran dan kacang-kacangan. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Penyakit jantung memiliki nama dan beberapa istilah yang penting Anda ketahui artinya. 'Nama Lain' Penyakit Jantung yang Perlu Anda Tahu Diare bisa menyerang siapa saja termasuk anak. Ada beberapa gejala diare yang perlu diwaspadai Anak Diare, Kapan Perlu Ke Dokter?