Profile
Asupan Makanan dan Diet

Ingin Langsing? Perbanyak Makan Kayu Manis

Ingin Langsing? Perbanyak Makan Kayu Manis

Kayu manis bisa membakar lemak dan membuat tubuh lebih langsing

Kayu manis merupakan jenis rempah-rempah yang banyak digunakan pada aneka masakan, kue dan minuman. Tak hanya berguna sebagai penyedap rasa, kayu manis juga memiliki manfaat kesehatan, termasuk bisa menurunkan berat badan.  

Dalam studi baru yang dipublikasikan di jurnal Metabolism, para peneliti dari University of Michigan menguji efek cinnamaldehyde, minyak esensial yang memberi rasa manis pada sel lemak yang diambil dari tikus serta sel lemak empat manusia.

Mereka menemukan bahwa paparan minyak kayu manis memicu tikus dan sel manusia untuk mulai membakar kalori melalui proses yang disebut thermogenesis. Sebuah pengamatan lebih dekat menunjukkan bahwa minyak tersebut meningkatkan aktivitas beberapa gen, enzim dan protein yang diketahui dapat meningkatkan metabolisme lemak.

Sel lemak, juga disebut adipocytes, biasanya menyimpan energi dalam bentuk lipid. Energi yang tersimpan ini dapat digunakan oleh tubuh selama periode kekurangan makanan, atau diubah menjadi panas saat cuaca dingin. 

Namun, pada masyarakat dimana makanan dan panas relatif banyak, energi yang tersimpan seringkali tidak digunakan sehingga berkontribusi pada kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. 

Penulis studi,  Jun Wu, asisten profesor riset di University of Michigan Life Sciences Institute, mengatakan bahwa mengonsumsi kayu manis secara teratur mungkin merupakan salah satu cara untuk membuat sel-sel lemak membakar sebagian dari energi itu, daripada menyimpan semuanya.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah kayu manis memiliki efek yang sama pada orang sungguhan dan apa implikasi dari peningkatan thermogenesis sebenarnya. 
Mengenai dosis yang efektif, Wu mengatakan masih terlalu dini untuk menentukan dosisnya. Namun, Anda tidak perlu makan kayu manis dalam jumlah banyak sekaligus, Wu menduga akan ada efek kumulatif, dan seiring berjalannya waktu Anda akan mendapatkan keuntungan ini. 

Meski telah ada penelitian tentang efek kayu manis terhadap metabolisme tubuh, namun penelitian ini adalah bukti lain yang mendukung efektivitas kayu manis. Wu menyarankan,  jika Anda sudah akrab dengan kayu manis, perbanyaklah konsumsinya dan lakukan secara teratur untuk melihat hasilnya. 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf 

 

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma