Profile
Kesehatan Seksual

Infeksi Pada Penis, Kenali Tandanya!

 Infeksi Pada Penis, Kenali Tandanya!

Infeksi penis adalah momok yang menakutkan bagi pria. Mr P merupakan organ reproduksi pria yang berbentuk batang dan dilewati sperma serta urine dari dalam tubuh. Mr P terdiri dari kepala (glans) dan batang yang memiliki beberapa jaringan, termauk kulit, saraf, otot polos, dan pembuluh darah. 

Kesehatan penis merupakan suatu hal yang sangat penting bagi seorang pria karena berkaitan dengan mempertahankan dan mencapai ereksi, ejakulasi, serta bereproduksi. Jika kesehatan mr p diabaikan, masalah pada mr p bisa muncul. Selain berdampak pada diri Anda, masalah penis pun bsa berdampak pada bidang lain kehidupan Anda, misalnya berkurangnya rasa percaya diri. Dan, salah satu masalah pada mr p adalah infeksi menular seksual. 
Berikut beberapa tanda atau gejala jika Anda mengalami infeksi pada mr p:

•Keluar sesuatu dari mr p. Salah satu tanda atau gejala jika Anda mengalami infeksi pada mr p adalah keluar sesuatu dari mr p. Seperti cairan putih, kuning, atau hijau tebal dari ujung mr p. Hal ini mungkin menjadi suatu tanda dari gonorrhea (sebuah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae), terutama jika Anda pun mengalmai nyeri pada uretra atau sakit pada saat buang air kecil. 

•Sakit hanya pada bagian mr p saja. Sakit yang ditimbulkan akibat infeksi mr p tidak menjalar kemana-mana, jadi hanya pada bagian mr p saja. Pada penyakit sifilis primer, mr p akan menjadi keras dan sangat menyakitkan. Hal tersebut biasanya disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha. 

•Nyeri pada mr p. Rasa sakit atau ketidaknyamanan sering kali terkait saat Anda buang air kecil, dan hal tersebut merupakan salah satu tanda infeksi menular sksual. 


•Melepuh atau luka pada penis. Hal ini biasnaya menimbulkan bintik-bintik merah pada penis yang menyebabkan gatal dan lecet di penis. Hal ini merupakan tanda dari herpes genital. Umumnya penis akan mengalami rasa sakit dan gatal, kemudian dua atau tiga hari kemudian baru akan mengalmi lecet. Luka herpes pun dapat muncul di sekitar paha atau bokong. 

•Bintik cokelat pada kemaluan. Bintik coklat pada daerah rambut kemaluan di sekitar penis biasanya merupakan kutu kemaluan yang dapat menyebabkan gatal yang biasa disebut ‘crabs’.

•Benjolan merah pada mr p dan skrotum, adalah kantong kulit yang membungkus testis.
Jika Anda mengalami tanda atau gejala di atas, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Nah, berikut bebebrapa hal yang dapat mempengaruhi kesehatan mr p, termasuk penyakit menular seksual:

Seks yang tidak aman, seperti berhubungan seksual tanpa kondom dan berganti-ganti pasangan

•Penyakit jantung atau diabetes, hal dikarenakan penyakit tersebut dapat menyebabkan disfungsi ereksi


•Obat tertentu atau perawatan, obat-obatan tertentu dalam pengobatan dapat mempengaruhi kesehatan penis. Contohnya operasi pengangkatan kelenjar prostat dan kanker prostat

Merokok, merokok dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi

•Kadar hormon, ketidakseimbangan hormon seperti kekurangan testoteron atau terlalu banyak hormon prolaktin sering dikaitkan dengan disfungsi ereksi

•Masalah psikologis, depresi dapat menyebabkan hilangnya libido, serta ereksi

•Kondisi neurologis, seperti stroke, cedera tulang belakang, multiple sclerosis, dan demensia

•Menua, kadar testoteron akan menurun jika usia ANda semakin bertambah tua. Hal ini menyebabkan penurunan minat seksual. 
 
Ditinjau oleh: dr. Aria Wibowo

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Nyeri ulu hati bisa berasal dari lambung, paru-paru, jantung dan usus buntu. Kenali ulu hati yang berbahaya dan tidak. Nyeri Ulu Hati, Berbahayakah?