Profile
Kesehatan Pria

Ilmuwan Spanyol Ciptakan Sperma dari Sel Kulit

Ilmuwan Spanyol Ciptakan Sperma dari Sel Kulit

Tim peneliti dari Spanyol berhasil menciptakan sperma dari sel kulit

Kabar gembira buat pria. Baru-baru ini, tim ilmuwan dari Spanyol berhasil membuat sperma manusia dari sel kulit. Temuan ini menjadi terobosan penting yang berpotensi mengakhiri masalah infertilitas pria. Diperkirakan 3 sampai 7 persen pasangan, sedang berjuang dari masalah ketidaksuburan.

Menurut Carlos Simon, direktur penelitian dari Valencian Infervitility Institute, mereka memprogram kembali sel dewasa kulit dan mengolah menjadi sel gamet atau sel reproduksi. Dalam sebulan, sel kulit ini berubah menjadi sel germ yang dapat dibentuk menjadi sel sperma atau sel telur. Sayangnya, sel yang terbentuk ini belum dapat bereproduksi.  

“Sperma ini membutuhkan pematangan tingkat lanjut untuk bisa menjadi gamet dan bereproduksi. Penelitian ini hanya langkah permukaan saja,” kata Simon. Pasalnya, untuk bisa diimplementasikan pada manusia, masih dibutuhkan proses lanjutan yang panjang. 

Meski demikian, apa yang dilakukan oleh Simon dan timnya sudah selangkah lebih maju bila dibandingkan dengan penelitian sebelumnya di China yang berhasil membuat sperma buatan pada percobaan tikus pada tahun 2016. Tim ilmuwan dari China ini mengumumkan bahwa mereka berhasil ‘menciptakan’ bayi tikus yang sehat dengan cara menyuntikkan sperma buatan ke dalam telur tikus. 

Apa yang dilakukan Simon dan tim terinspirasi dari peneliti Jepang, Shinya Yamanaka dan John Gordon dari Inggris, yang mendapat hadiah Nobel tahun 2012 untuk temuan mereka yang mengubah sel-sel dewasa menjadi sel induk seperti embrio. 

Penelitian ini dipublikasikan pada laporan ilmiah, Journal of Nature. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya  

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Pria ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma