Profile
Nutricoach

Ikan untuk Anda yang Merencanakan Kehamilan

Ikan untuk Anda yang Merencanakan Kehamilan

Ikan merupakan sumber bahan makanan yang kaya protein sehingga baik untuk kehamilan

Ikan merupakan bahan makanan sumber kaya kandungan protein. Selain itu, ikan yang hidup di air dalam juga kaya akan kandungan vitamin D dan minyak ikan, yang merupakan sumber asam lemak omega-3. Apa manfaat dari kandungan nutrisi pada ikan tersebut selama masa kehamilan?

Protein sangat dibutuhkan selama masa kehamilan baik bagi ibu untuk mendukung perubahan fisiologis yang terjadi pada tubuhnya, dan juga tentunya bagi pertumbuhan dan perkembangan janin sejak awal pembentukan mudigah atau embrio. Oleh karena itu, protein lebih dibutuhkan sejak awal kehamilan dibandingkan dengan energi yang berasal dari karbohidrat dan lemak. Bersama dengan protein, juga sudah dibutuhkan vitamin dan mineral sejak awal kehamilan yang akan mendukung program pertumbuhan dan perkembangan embrio sehingga bisa membentuk organ-organ penting, yaitu otak, jantung, paru-paru, ginjal, usus dan hati selain pertumbuhan otot, tulang dan lemak tubuh.

Vitamin D yang terkandung dalam ikan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan saluran cerna sehingga dapat membantu penyerapan zat gizi lainnya, terutama kalsium yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan tulang janin. Sebetulnya vitamin D dapat diperoleh dengan bantuan sinar ultra violet dari matahari, namun pada kenyataannya kandungan vitamin D pada hampir semua ibu hamil di awal kehamilan belum mencukupi. Oleh karena itu dibutuhkan tambahan asupan vitamin D terutama dari sumber makanan, semisal ikan.

Kandungan minyak pada ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 sangat penting untuk mencukupi asupan omega-3 bagi ibu hamil di awal kehamilan. Mengapa demikian? Asamlemak omega-3 khususnya asam arakidonat (AA) dan asam dokosaheksanoid(DHA) berperan dalam pembentukan sarung saraf otak (myelin) sejak awal kehamilan (paling awal pada minggu 12–14 usia kehamilan). Myelin dibutuhkan agar signal rangsang saraf dari luar tubuh dapat diteruskan ke otak sehingga dapat diartikan maknanya dan diteruskan kembali agar tubuh dapat bereaksi dengan benar.

Besarnya manfaat ikan bagi ibu hamil sejak awal kehamilan ini ternyata harus dicermati dengan hati-hati untuk dapat mengonsumsinya secara rutin. Mengapa demikian? Ikan yang kaya kandungan protein, vitamin D dan asam lemak omega-3 ini terutama adalah ikan bertubuh besar yang hidup di air dalam, semisal ikan salmon, ikan tongkol atau tuna dan sejenisnya, serta ikan lele. Seringkali ikan-ikan tersebut terkontaminasi dengan logam berat merkuri yang terkumpul dalam air, yang bila dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh karena sifatnya yang toksik bagi saraf.

Nah, bagaimana untuk bisa tetap mendapatkan manfaat dari ikan tanpa kemasukan merkuri? Sampai saat ini dianjurkan bagi ibu hamil dan ibu menyusui untuk mengonsumsi ikan dengan aman, yaitu dengan mencari tahu tingkat kontaminasi merkuri dalam air tempat hidup ikan tersebut. Namun bila informasi tersebut tidak tersedia, maka mengonsumsi seporsi ikan sebanyak dua kali seminggu masih terbukti aman.

Ditulis oleh: Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc

 


Referensi:
WHO. Healthy eating during pregnancy and breastfeeding: Booklet for mothers. 2001

Anda punya pertanyaan seputar Nutricoach ?
Ask Doctor
Diet General Motor sangat mudah diikuti, hanya disarankan mengonsumsi sayur dan buah, serta karbohidrat kompleks. Diet General Motor, Berat Badan Turun Dalam 7 Hari ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa?