Profile
Hamil

Ibu Hamil, Hindari Makanan Ini

Ibu Hamil, Hindari Makanan Ini

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan sang ibu. Selain itu, selama masa kehamilan, ibu hamil juga sebaiknya menghindari makanan tertentu. Karena, janin yang sedang berkembang di dalam rahim cenderung lebih rentan terhadap bakteri.

Bukan hanya janin, sistem imun tubuh ibu hamil pun mengalami perubahan, menjadi lebih rentan akan keracunan serta kuman dan bakteri pada makanan. Bila terjadi keluhan pada pencernaan dapat menyebabkan komplikasi, mulai dari dehidrasi sampai risiko keguguran

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama hamil adalah:

1.Telur mentah
Telur mentah atau yang tidak dimasak hingga benar-benar matang,  bisa jadi terkontaminasi oleh salmonella; infeksi oleh kuman jenis ini dapat menyebabkan timbulnya demam, muntah dan diare. 

2.Sushi
Sushi atau sashimi yang terbuat dari ikan mentah sebaiknya dihindari selama kehamilan,  karena dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit akibat parasit. Jika Anda ingin mengonsumsi sushi, pastikan Anda hanya mengonsumsi sushi yang diolah secara matang. Begitupun, dengan daging. Ketika akan mengonsumsi steak, pastikan  tingkat kematangan daging dalam level well done.


3.Jus dan susu yang belum terpasteurisasi
Berbagai jenis jus dan susu yang tidak melalui proses pasteurisasi, berisiko terkontaminasi oleh bakteri dan racun, sehingga konsumsi jenis makanan ini sebaiknya dihindari. Biasakan selalu membaca kemasan minuman yang Anda beli.

4.Beberapa jenis ikan 
Ikan memang mengandung omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi, namun tidak semuanya boleh dikonsumsi saat hamil. Beberapa jenis ikan laut diketahui mengandung methyl-merkuri, golongan zat polutan, yang dapat mengganggu perkembangan sistem saraf  janin. Berdasarkan rekomendasi yang diterbitkan oleh FDA, jumlah konsumsi ikan yang direkomendasikan sebaiknya tidak melebihi 12 ons per minggu. 


5.Kafein
Hingga kini,sebenarnya masih terdapat kontroversi mengenai keamanan konsumsi kafein selama kehamilan. Namun, jumlah kafein yang dikonsumsi selama kehamilan disarankan tidak melebihi 300 mg per hari atau setara dengan 2-3 cangkir kopi. 

6.Makanan kaya kandungan nitrat
Nitrat merupakan zat tambahan yang umumnya terdapat dalam produk olahan daging seperti sosis dan bacon, yang diduga terkait dengan peningkatan risiko terjadinya tumor otak dan diabetes. Meskipun masih dilakukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya jika Anda mengurangi konsumsi jenis makanan tersebut, karena nilai gizinya yang tidak terlalu tinggi. 

Selain dalam produk olahan daging, kandungan nitrat juga terdapat dalam minuman bersoda. Jenis minuman ini tidak direkomendasikan dikonsumsi selama kehamilan, karena kandungan pemanis buatan (sakarin) di dalamnya dapat menembus plasenta, serta rendahnya kandungan gizi. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Endometriosis adalah kondisi dimana terdapat jaringan dari dinding rahim yang tumbuh diluar rahim Endometriosis, Salah Satu Penyebab Nyeri Haid dan infertilitas Depresi tidak bisa dianggap enteng. Anda bisa membantu mereka dengan cara ini. Lakukan Ini Bila Teman Anda Depresi