Profile
Kesehatan A-Z

Honey Lemon Shot, Ini Manfaatnya

Honey Lemon Shot, Ini Manfaatnya

Honey lemon shot adalah tren terbaru gaya hidup sehat yang dipopulerkan oleh beauty blogger, Alodita. Sesuai namanya, honey lemon shot memadukan kesegaran sari lemon dan madu. Minuman satu teguk ini juga dianggap sebagai sarapan berenergi.
 
Bagi Anda yang sering mengalami reaksi alergi (rhinitis) berupa flu dan radang tenggorokan ketika bangun di pagi hari, honey lemon shot bisa menjadi solusi yang sehat dan alami. Menurut Alodita, manfaat honey lemon shot yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Apakah Anda ingin mencoba membuat honey lemon shot? Inilah resep honey lemon shot.


Bahan:

  • ½ buah lemon impor.
  • 1 sendok makan madu organik.


Cara Membuat:

  • Siapkan gelas sloki berukuran kecil.
  • Tuangkan 1 sendok makan madu ke dalamnya. Jika Anda ingin lebih manis, tambahkan 1 sendok madu lagi.
  • Peras sari lemon ke dalam gelas. Campurkan hingga rata.

Minumlah honey lemon shot ini secara rutin setiap pagi sebelum mengonsumsi apa pun. Lalu, minum segelas air hangat. Tunggulah sekitar setengah jam sebelum Anda akan menyantap sarapan.

Sebenarnya, lemon lokal pun tidak masalah bila memang lemon impor tidak tersedia. Akan tetapi, Anda sebaiknya menggunakan madu organik yang murni sebab ini merupakan pilihan teraman. Oh ya, sisa lemon dari honey lemon shot dapat digunakan untuk membuat lemon infused water atau air campuran irisan lemon untuk diminum saat makan siang.

Apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari rutin meminum honey lemon shot? Ini di antaranya: 

  • Memperoleh manfaat maksimal dari vitamin C dari perasan air lemon yang bisa menangkal berbagai penyakit.
  • Membantu meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Campuran lemon dan madu merupakan obat batuk, flu, hingga rasa pegal-pegal.

  • Menjaga tubuh tetap sehat dan segar.
  • Membuat kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya.

Namun bila Anda memiliki riwayat sakit maag atau gastritis, Anda sebaiknya menyesuaikan jumlah perasan lemonnya. Lalu, coba dengan jumlah sedikit dahulu atau perbanyak madunya. Pasalnya, kondisi maag atau gastritis dikhawatirkan dapat menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati.

Bila ternyata honey lemon shot tidak cocok atau timbul nyeri usai meminumnya, maka sebaiknya honey lemon shot diminum setelah makan saja. (PA)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya