Profile
Asupan Makanan dan Diet

Gampang Lapar? Atasi dengan Cara Ini

Gampang Lapar? Atasi dengan Cara Ini

Melihat makanan yang enak, aktivitas yang padat atau sedang banyak hal yang dipikirkan, perut Anda langsung berbunyi minta diisi. Sering mengalami hal seperti ini? Anda tidak sendiri. Merasa lapar sebenarnya hal yang wajar. Menurut Pamela Peeke, M.D.,M.P.H., lapar merupakan salah satu bukti bahwa organ-organ yang ada di dalam tubuh berfungsi dan bermetabolisme dengan baik.

Namun, ada hal buruk yang akan menghantui Anda jika Anda terlalu sering merasa lapar. Sebuah penelitian terbaru dari Korea menemukan mekanisme di balik enzim yang mengontrol nafsu makan dan temuan ini membuktikan bahwa rasa lapar berfungsi untuk mengendalikan berat badan sekaligus hormon yang ada pada manusia.

Terdapat dua senyawa utama dalam tubuh yang dapat mengatur rasa lapar dan mengatur kapan kita mulai dan berhenti makan yang salah satunya adalah glukosa. Saat glukosa atau gula darah Anda rendah, saat itulah Anda merasa lapar. Anda harus waspada bila terlalu sering merasa lapar karena bisa menderita salah satu penyakit berbahaya yakni obesitas.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa lapar Anda, antara lain:

  • Makan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein

Makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi dan roti adalah makanan yang penuh nutrisi yang dapat membuat Anda kenyang dalam waktu yang lebih panjang. Makanan-makanan tersebut juga dapat menjauhkan keinginan Anda untuk mengonsumsi camilan yang dapat memicu rasa lapar ataupun haus. Protein juga sangat baik bagi tubuh Anda. Berdasarkan jurnal Nurtrition Research, mereka yang mengonsumsi protein akan sangat membantu mengurangi rasa lapar dan menurunkan tingkat kalori dalam tubuh. Protein tidak hanya dapat ditemukan dalam daging dan ikan saja, namun ada dalam beberapa sayuran. Setidaknya Anda perlu mengonsumsi 46 gram protein perhari.

  • Selesaikan masalah yang Anda miliki

Mayoritas manusia akan merasakan lapar ketika mereka memiliki masalah yang berat hingga membuat mereka tertekan, kepikiran, dan stres. Stress yang dialami akan sangat menguras energi dan kebanyakan mereka yang stres akan meluapkan emosinya dengan cara makan segala makanan yang ada. Hal tersebut amatlah berbahaya. Maka, segera selesaikan permasalahan yang Anda miliki atau minta bantuan orang terdekat Anda untuk menghibur agar beban Anda berkurang.

  • Tidur yang cukup

Ada cara lain yang dapat Anda tempuh saat stres selain makan yakni tidur. Tidur akan membat waktu Anda lebih panjang untuk mengistirahatkan tubuh dan jiwa, juga menjauhkan keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan berlebih. Beristirahat selama 7-8 jam perhari akan membuat energi Anda pulih dan mengontrol hormon yang dapat membuat Anda lapar.

  • Makan tepat waktu

Usahakan untuk selalu makan tepat waktu dengan porsi yang cukup dan pastikan Anda makan secara santai dan tidak terburu-buru. Menunda makan ataupun makan terlalu cepat akan membuat Anda lebih mudah lapar dan tergoda untuk ngemil yang tidak sehat.

  • Konsultasi pada ahli

Jika Anda merasa hasrat lapar Anda sangat parah dan mengganggu kinerja Anda, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter agar segera mendapatkan diagnosa dan pertolongan yang tepat.

 

 

Ditinjau oleh: dr. Jezzy Reisya 

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV Ciri-Ciri Kulit Sehat Dan Tidak Sehat Kenali Ciri-Ciri Kulit Sehat (Dan Tidak Sehat)