Profile
Kesehatan A-Z

Efek Mematikan Dumolid

Efek Mematikan Dumolid

Dumolid adalah jenis obat penenang yang memiliki efek mematikan

Ramai media memberitakan kasus penangkapan aktor Tora Sudiro dan istrinya, Mieke Amalia karena tuduhan penyalahgunaan Dumolid. 

Sejatinya, Dumolid adalah salah satu merek obat di Indonesia yang digunakan sebagai obat penenang. Kandungan utamanya adalah Nitrazepam. Nitrazepam ini dikenal sebagai jenis obat hipnotis kelas benzodiazepin yang secara medis digunakan untuk bantuan jangka pendek mengatasi kecemasan yang parah dan gangguan tidur insomnia. Nitrazepam mampu memendekkan waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan memperpanjang durasi tidur. 

Obat ini juga memiliki sifat penenang (menenangkan), amnesti (merangsang lupa), antikonvulsan dan memiliki efek relaksasi  otot rangka, plus berguna untuk pengelolaan kejang mioklonik. 

Nitrazepam bekerja pada reseptor benzodiazepin di otak yang dikaitkan dengan reseptor GABA yang menyebabkan peningkatan pengikatan GABA (gamma amino butyric acid) ke reseptor GABA. GABA adalah penghambat neurotransmitter utama di otak, terlibat dalam proses timbulnya rasa kantuk, relaksasi otot, pengendalian kecemasan dan memperlambat kerja sistem saraf pusat. 

Efek samping mematikan menurut United Nations, Nitrazepam masuk golongan obat psikotropika kelas IV. 
Seperti halnya pisau yang dapat memberi manfaat yang baik jika digunakan sesuai aturan dan membahayakan jika digunakan serampangan. Begitupun dengan obat yang berbahan baku utama Nitrazepam. 

Nitrazepam bersifat toksik alias bisa menyebabkan keracunan dan overdosis. Overdosis Nitrazepam dapat menyebabkan gejala stereotip overdosis benzodiazepin seperti gangguan keseimbangan dan ucapan menjadi tidak jelas. Dalam kasus overdosis parah, obat ini mungkin menyebabkan hilangnya kesadaran (koma), bahkan lebih parah lagi bisa menyebabkan kematian. 

Karena itulah penggunaan Dumolid dan obat-obat sejenisnya diawasi secara ketat oleh Undang-Undang kesehatan. Hal ini berlaku umum di semua negara demi menghindari terjadinya efek samping yang membahayakan akibat pemakaian yang tidak sesuai dengan aturan. 

Penggunaan Dumolid untuk keluhan kesehatan apapun, termasuk keluhan insomnia yang kabarnya diderita oleh Tora Sudiro dan Mieke Amelia, harus menggunakan resep dokter. Jika tidak, maka disebut penyalahgunaan dan tentu saja hal ini memiliki konsekuensi hukum tersendiri. 

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
osteoporosis rentan terjadi pada perempuan yang kekurangan kalsium Osteoporosis dan Kesehatan Tulang Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA