Profile
Kanker

Efek Kemoterapi

Efek Kemoterapi

Efek kemoterapi merupakan akibat sampingan dari pengobatan kemoterapi. Anda mengkhawatirkan kesehatan Anda selama menjalani proses kemoterapi? Berikut dampak kemoterapi dan tips beberapa jenis asupan yang dapat Anda konsumsi, agar Anda tetap sehat dan kemoterapi Anda membuahkan hasil yang maksimal.

  • Kemoterapi menjadikan selera makan Anda terganggu.
    Misalnya, air putih dan daging akan terasa sangat tidak enak selama Anda menjalankam kemoterapi, untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengkonsumsi air yang memiliki rasa atau masukan irisan jeruk lemon didalamnya. Agar tidak kekurangan protein akibat ‘menghindari’ daging, dapat diganti dengan kacang-kacangan, telur, susu rendah lemak dan ikan.

     
  • Kemoterapi menyebabkan  sembelit.
    Sebagian orang mengalami diare saat kemoterapi, sebagian lagi justru mengalami sembelit. Ya, mengkonsumsi cukup air dan serat sangatlah penting agar Anda terhindar dari sembelit. Olahraga ringan juga akan sangat membantu, misalnya, berjalan kaki selama 20 menit.

     
  • Menjaga berat badan.
    Sebagian penderita kanker akan naik berat badannya selama perawatan. Disarankan untuk mengkonsumsi camilan yang rendah lemak, atau ganti dengan buah dan sayuran segar (contoh, salad).

     
  • Berat badan menurun.
    Kebalikan dari diatas, sebagian penderita kanker akan kehilahangan nafsu makan. Anda dapat mencoba menkonsumsi camilan yang pedas, roti bakar dengan selai kacang, sup atau yoghurt.

     
  • Cegah diare.
    Jika Anda terkena diare, maka hindari makan makanan berminyak, kafein, minuman beralkohol, minuman dengan gula tambahan, jus buah-buahan, salad sayuran hijau dan makanan mentah.

     
  • Catatan makanan dan gejala yang dirasakan.
    Catatlah apa yang Anda makan dan minum, kemudian catat jika Anda merasakan dampak dari asupan tersebut. Hal ini dapat membantu Anda menghindari dari dampak yang sama dikemudian hari (contoh, mual, sembelit dan diare).

     

  • Mengurangi luka dimulut.
    Agar luka mulut (atau biasa disebut dengan mukositis oral), Anda wajib menghindari makanan pedas, alkohol dan makanan yang masih panas. Perbanyak konsumsi air dan kumur dengan air garam sehabis makan.

     
  • Cegah dehidrasi.
    Diare dan muntah dapat membuat Anda dehidrasi. Ciri-ciri dehidrasi diantaranya, mulut kering, mata cekung dan kering, urin sangat sedikit dan berwarna gelap.

     
  • Mengurangi rasa mual.
    Anda dapat mencoba teh hangat dengan irisan jahe, makan makanan yang masih hangat atau, makanlah dalam porsi kecil beberapa kali sehari.

Tips diatas mungkin akan membuat Anda sedikit ‘kerepotan’ menjalankannya, tapi, jika tips tersebut dapat membawa manfaat bagi Anda, kenapa tidak dicoba?

Anda punya pertanyaan seputar Kanker ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu