Profile
Kesehatan Seksual

Ditemukan Kuman Gonorea Super Yang Tak Mempan Diobati

Ditemukan Kuman Gonorea Super Yang Tak Mempan Diobati

Beberapa waktu lalu,  para pejabat kesehatan di Amerika Serikat  memperingatkan masyarakatnya tentang ancaman super gonorea, satu strain penyakit menular seksual yang tahan terhadap semua antibiotik, yang terdeteksi keberadaannya selama lebih dari setahun ini. Perkembangan strain ini sangat cepat, lebih cepat dari kemampuan pejabat pemerintah mengantisipasinya.  Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau CDC mengumumkan, ada sekelompok infeksi gonorea yang sangat resistan  terhadap obat ceftriaxone dan azitromisin.

Ceftriaxone dan azitromisin adalah dua jenis antibiotik yang saat ini dianggap sebagai pilihan pengobatan gonore ayang paling efektif.

"Batas akhir pertahanan kita terhadap gonorea semakin melemah," kata Jonathan Mermin, M.D., direktur pusat CDC untuk HIV / AIDS, Hepatitis viral, penyakit menular seksual, dan Pencegahan Tuberkolosis. "Jika resistensi terus meningkat dan menyebar, pengobatan yang ada saat ini pada akhirnya akan gagal dan 800.000 orang Amerika akan berisiko menderita gonorea yang tidak dapat diobati. Dan dengan cara entah bagaimana, penyakit ini bisa saja menular ke mana-mana."

Kasus gonorea, bersama dengan klamidia, sudah terhitung sebagai epidemi. Di AS sendiri, dua penyakit ini menduduki peringkat tertinggi dalam daftar penyakit seksual menular, kata CDC. Penyakit ini menyebar begitu cepat, sebagian disebabkan oleh samarnya gejala awal yang timbul. Akibatnya, banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya menderita klamidia atau gonorea. Kemudian, mereka menularkan ke pasangannya dan begitu seterusnya.

Faktor lain adalah bagaimana penyakit ini menyebar. Gonorea dapat ditularkan melalui semua jenis kontak seksual. Sebagian orang sudah sadar untuk menggunakan kondom ketika melakukan hubungan seks yang dianggap standar (via vaginal). Tapi  banyak orang tidak menggunakan perlindungan ketika melakukan jenis hubungan seks yang lain, seperti oral dan anal. Penyakit ini bisa menular ke siapa saja,  termasuk heteroseks, gay,  pria maupun wanita. Siapapun di bawah usia 29 tahun dan aktif secara seksual, berada pada risiko tertinggi untuk menderita gonorea.

Karena keberadaan super gonorea dan komplikasi penyakit menular seksual lainnya, seks yang tidak aman merupakan faktor risiko nomor satu sebagai penyebab sakit dan kematian pada wanita muda di seluruh dunia. Seks yang aman adalah keharusan untuk semua orang, kata CDC. Gunakan kondom, jangan berganti-ganti pasangan dan lakukan pemeriksaan berkala adalah cara untuk menghindar dari kuman-kuman super ini.

Masih menurut CDC, saat ini sudah ada antibiotik oral eksperimental yang sedang dalam pengujian dan nampaknya, menunjukkan hasil yang menjanjikan.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak