Profile
Hipertensi

Diet Untuk Penderita Hipertensi

Diet Untuk Penderita Hipertensi

Penyakit hipertensi  ( tekanan darah tinggi ) merupakan penyakit yang diam-diam membahayakan. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu masalah yang berasal dari pembuluh darah. Adanya hipertensi, meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, dan masalah lainnya.

Hipertensi juga biasa disebut silent killer karena penyakit tersebut terkadang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Yang anda bisa lakukan ialah secara rutin memeriksakan tekanan darah anda ke dokter atau pusat medis terdekat.  Selain itu Anda juga bisa melakukan diet hipertensi, yaitu lebih banyak makan makanan yang kaya akan kalium, kalsium, magnesium serta protein rendah lemak, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Berikut beberapa makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah Anda.

Sayuran Hijau

Makanan yang kaya akan kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sayuran seperti selada, lobak, bayam, dan beberapa sayuran hijau lainnya sangat tinggi kandungan kaliumnya. Pastikan sayuran yang Anda pilih masih segar, karena akan sangat baik untuk mengonsumsi sayuran yang masih segar dibanding yang sudah layu.

Buah Berry

Salah satu penelitian yang dinyatakan oleh The American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa mengonsumsi jenis buah berry ini dapat ,mencegah terjadinya hipertensi dan juga akan membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Beberapa jenis berry seperti blueberry, raspberry, dan strawberry sangat baik untuk diet hipertensi Anda.

Kentang

Kentang merupakan sayuran yang juga kaya akan kandungan kalium dan magnesium, kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah Anda. Selain itu, kentang juga tinggi akan serat yang diperlukan dalam diet sehat secara keseluruhan. Anda bisa menikmati kentang yang dimasak dengan cara dipanggang dengan ditambahkan yogurt untuk menambah rasa.  

Umbi-Umbian

Para peneliti dari Queen Mary University of London menemukan umbi-umbian dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Para penulis tersebut menyimpulkan bahwa nitrat yang terkandung dalam umbi-lah yang menurunkan tekanan darah pasien. Umbi-umbian yang dibakar atau dikonsumsi dalam bentuk jus dapat menjadi alternatif.

Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah lemak , dan rendah sodium. Oatmeal bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Oatmeal biasanya dikonsumsi saat sarapan dan sering juga ditambahkan potongan buah atau sedikit madu.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang baik untuk menambahkan potasium dalam diet hipertensi yang Anda jalani. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, pisang juga dapat digabungkan bersama sereal atau oatmeal sebagai sarapan Anda.

 
Anda punya pertanyaan seputar Hipertensi ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan