Profile
Diare

Diare? Konsumsi Makanan Ini

Diare? Konsumsi Makanan Ini

Diare memang penyakit yang terlihat sepele, tapi perlu ditangani dengan tepat. Saat mengalami gangguan pencernaan, tinja  yang dikeluarkan umumnya memiliki konsistensi cair,  perut terasa mulas atau melilit, serta meriang. Seringkali, makanan atau minuman yang kurang higienis disebut-sebut sebagai penyebabnya. 

Namun, di sisi lain, ada beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi, untuk mempercepat penyembuhan diare yang Anda derita. Berikut ini makanan yang baik untuk dikonsumsi saat Anda mengalami gangguan pencernaan:

1.    Pisang
Saat Anda mengalami gangguan pencernaan, pisang adalah buah yang baik dikonsumsi.  Pasalnya, tingginya kandungan serat larut di dalamnya serta kalium, dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang. 

2.    Yogurt
Meskipun mengonsumsi produk susu tidak dianjurkan saat mengalami gangguan pencernaan, berbeda halnya dengan yogurt. Bifidobacterium dan Lactobacillus acidophilus yang terkandung dalam yogurt, justru dapat membantu mengembalikan keseimbangan flora normal usus. 


3.    Ayam rebus
Daging ayam rebus adalah sumber protein yang mudah dicerna. Hindarilah makanan yang digoreng atau ditumis, karena minyak  yang terdapat di dalamnya akan menjadikannya sulit dicerna.

4.    Teh herbal
Peppermint dan chamomile adalah bagian dari teh yang dapat membantu Anda meredakan penyakit gangguan pencernaan. Secara bersamaan, teh herbal dapat meredakan dan memberikan rasa nyaman ketika Anda terserang gangguan pencernaan. Bunga Chamomile terbukti dapat menekan peradangan dan mengurangi gerak usus yang berlebih; sedangkan peppermint terbukti dapat menenangkan usus dan mengurangi produksi gas dalam usus.


5.    Blueberries
Blueberries seringkali digunakan dalam pengobatan berbagai macam penyakit di Swedia. Manfaat buah ini sangat besar, karena kandungan tannin di dalamnya dapat mengurangi keluhan kembung pada perut. Selain itu, blueberries juga mengandung anthocyanosides, yang memiliki sifat antibacterial dan merupakan antioxidant kuat.

Diare tidak hanya disebabkan karena faktor diet, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti infeksi virus atau bakteri, sindrom iritasi usus, maupun akibat efek samping penggunaan obat tertentu. Dengan penanganan yang tepat, hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Penanganan terlambat pada diare bisa menyebabkan dehidrasi berat dan berbagai efek buruk lainnya bagi tubuh. Segera konsultasikan ke dokter, jika Anda mengalami gangguan pencernaan lebih dari tiga hari. (PR)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Anda punya pertanyaan seputar Diare ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja