Profile
Kesehatan A-Z

Di Balik Terapi Pijat

Di Balik Terapi Pijat

Pijat biasanya menjadi pelarian bagi banyak orang untuk merasa rileks dan menghilangkan ketegangan yang ada di otot-otot. Orang menjadi percaya dengan khasiat pijat karena sensasi nyaman yang disediakan oleh praktek pijat. Namun, hanya sedikit orang yang benar-benar mengenal dan mengetahui apa dan bagaimana seharusnya terapi pijat dapat berguna.
 
Pijat sendiri merupakan tindakan meraba dan menekan jaringan lunak pada tubuh, seperti otot-otot. Pijatan memang mempunyai fungsi melegakan ketegangan dan rasa pegal yang dialami tubuh sehingga membantu meningkatkan kelancaran aliran darah dan memberikan rasa santai pada tubuh. Pijat juga berfungsi untuk membantu mengembalikan pergerakan sendi-sendi seperti semula.
 
Seorang pemijat ahli biasanya menggunakan tidak hanya tangan, namun juga lengan depan, siku, hingga kaki untuk menciptakan tekanan pada bagian-bagian tubuh yang perlu dipijat. Terdapat sekitar 80 jenis pijat yang berbeda, beragam mulai dari yang lembut hingga yang sangat keras dan aktif. 
 
Gerakan pijat yang keras maupun lembut bergantung pada jaringan tubuh yang perlu dilepaskan dari ketegangan. Pada jaringan tubuh yang terletak agak jauh ke dalam, dibutuhkan gerakan yang lebih keras dan penuh tekanan untuk menyembuhkan ketegangan otot yang biasanya sudah lama terjadi. Umumnya, terapis pijat akan menggunakan gerakan dengan jari-jari, jempol, dan siku dengan tekanan yang lebih dalam untuk meraih lapisan otot yang terletak lebih dalam.
 
Jenis pijat lain yang lebih keras daripada pijat dengan tekanan dalam adalah pijat yang dilakukan pada lokasi-lokasi tubuh yang mungkin mengalami cedera atau terkilir. Pemijatan pada kondisi semacam ini akan dilakukan hingga otot menjadi rileks. Jika mengalami rasa sakit selama proses pemijatan, beritahukan rasa sakit pada orang yang memijat dan jangan memaksakan diri. 
 
Pijat tidak selalu berarti Anda perlu menggunakan jasa terapis di panti pijat maupun memanggil orang ke rumah. Pijat juga mungkin sekali dilakukan sendiri. Pijat dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi rasa pegal dan lelah serta untuk memulihkan energi pada pagi hari. Pijat yang dilakukan sendiri dapat dilakukan pada kaki, tangan, dan leher. Kenakan pakaian yang nyaman dan atur posisi tubuh pada posisi yang nyaman. Aplikasikan juga losion atau minyak pada kulit.
Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya