Profile
Kesehatan A-Z

Dehidrasi, Apa Tandanya?

Dehidrasi, Apa Tandanya?

Dehidrasi adalah suatu keadaan dimana Anda akan terus mengalami rasa haus yang tinggi dan terus menerus dan mengeluarkan keringat berlebih. Hal tersebut dikarenakan adanya gangguan pada tubuh akibat kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh.
 
Dehidrasi terjadi karena cairan yang keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan air yang masuk ke dalam tubuh melalui minuman. Walaupun bukan penyakit yang menyeramkan, jika Anda tidak langsung mengatasinya akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh.
 
Mungkin banyak orang yang sering bertanya apa yang menyebabkan dirinya kehilangan cairan tubuh. Padahal banyak faktor yang menyebabkan hilangnya cairan tubuh seperti beberapa faktor berikut ini:
1. Demam dan sakit kepala
2. Olahraga berlebihan
3. Muntah dan diare
4. Buang air kecil meningkat
5. Terkena penyakit diabetes
6. Gangguan kemampuan untuk minum, seperti seseorang yang mengalami koma
7. Luka pada kulit, seperti luka bakar dan mulut
8. Mengalami penyakit kulit yang parah atau infeksi karena air bisa hilang melalui kulit yang rusak
 
Apa cirinya jika Anda terkena dehidrasi berat? Lihat di sini

Seseorang yang sedang mengalami dehidrasi biasanya tidak menyadarinya. Padahal Anda perlu mengetahui tanda-tanda saat Anda mengalami dehidrasi agar segera mendapatkan penanganan lebih lanjut. Berikut beberapa kondisi yang menandakan Anda benar-benar terkena dehidrasi:
1. Mulut kering
2. Haus berlebihan
3. Terasa lemah
4. Pusing
5. Jantung berdebar dan berdegup kencang
6. Mudah bingung
7. Lesu hingga pingsan
8. Warna urin berubah menjadi kuning dan sangat kuning
 
Namun, seseorang mengalami hal tersebut tidak selalu karena mengalami kurangnya asupan mineral tetapi juga akibat keringat berlebih, cuaca panas, aktivitas yang berat, hingga penggunaan obat yang membuat Anda menjadi lebih sering mengeluarkan urin.
 
Selain itu, kebutuhan cairan tubuh tidak hanya Anda dapatkan dari air. Makanan juga dapat menyumbang sekitar 300 mililiter cairan pada tubuh. Namun, sebaiknya Anda dapat mengonsumsi air putih dengan asupannya yang ideal, sekitar 8 hingga 10 gelas dalam satu hari.
 
Direview oleh dr. Adhiatma Gunawan
Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat