Profile
Anemia

Darah Rendah, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Darah Rendah, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Darah rendah atau tekanan darah renda (hipotensi) adalah tekanan darah yang abnormal rendah. Pada beberapa orang yang mengalami tekanan darah rendah biasanya akan mengalami gejala pusing hingga pingan. Bahkan, pada kasus yang parah tekanan darah dapat mengancam jiwa seseorang. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari darah rendah. 

Pada beberapa orang, tekanan darah rendah biasanya akan menimbulkan beberapa tanda khas, misalnya saja ketika Anda menuruni tangga akan terasa pusing, atau saat Anda bangun secara tiba-tiba pun akan menyebabkan pusing. Nah, berikut beberapa tanda dan gejala lainnya jika Anda mengalami tekanan darah rendah:
•    Pusing 
•    Pingsan 
•    Kurangnya konsentrasi
•    Pengelihatan kabur
•    Mual
•    Dingin, berkeringat, serta kulit pucat
•    Pernapasan cepat atau dangkal
•    Kelelahan
•    Depresi
•    Haus


Lalu, kapan Anda perlu mengunjungi dokter? 
Pada beberapa kasus, tekanan darah rendah bukanlah jenis penyakit yang serius. Akan tetapi, jika Anda memiliki riwayat atau darah rendah yang berkepanjangan, mungkin dokter akan terus mengontrol perkembangan kesehatan Anda. 

Bahkan, jika Anda mengalami pusing sesekali pun hal tersebut dianggap biasa saja pada penderita tekanan darah rendah. Namun, biasanya jika berkelanjutan tekanan darah renah pun terkadang bisa menunjukan suatu masalah. Nah, jika ada tanda atau gejala akibat tekanan darah rendah yang tidak biasa, ada baiknya Anda untuk segera mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut beberapa cara untuk mengurangi tekanan darah rendah atau mencegahnya:

1.    Minum lebih banyak air dan kurangi alkohol
Alkohol dapat menyebabkan Anda dehidrasi serta dapat menurunkan tekanan darah, walaupun Anda minum air putih secara cukup. Oleh karena itu, kurangi asupan alkohol dan minumlah air putih lebih banyak untuk menghindari dehidrasi dan meningkatkan tekanan darah.

2.    Pola hidup sehat
Jika saat ini pola hidup Anda kurang sehat, segera berubahlah. Pola hidup sehat dengan mengonsumsi nutrisi yang cukup dapat meningkatkan tekanan darah. Misalnya saja, sayuran, buah-buahan, biji-bijian, ayam tanpa lemak, dan ikan.


3.    Konsumsi yang asin-asin
Jika dokter menyarankan untuk mengonsumsi banyak garam pada makanan Anda, dan Anda tidak menyukainya bisa mencoba untuk mengonsumsi kecap asin alami pada makanan Anda.

4.    Ubah posisi tubuh secara perlahan
Jika Anda sering merasa pusing tiba-tiba saat berdiri atau bangun dari tempat tidur, maka Anda harus melakukannya secara perlahan. Saat bangun tidur, usahakan jangan langsung berdiri, namun duduklah terlebih dahulu dibibir tempat tidur beberapa menit. Setelah itu baru Anda bisa berdiri. Hal ini untuk menghindari pusing saat pergantian posisi tubuh yang tiba-tiba.

5.    Konsumsi camilan
Konsumsilah makanan ringan atau camilan yang rendah karbohidrat. Hal ini untuk membantu mencegah tekanan darah turun secara drastis setelah makan. Anda bisa mencoba makan dengan porsi yang kecil, namun dengan intensitas yang sering. Selain itu, batasi juga makanan dengan karbohidrat tinggi seperti kentang, nasi, pasta, atau roti.(DV)

Ditinjau oleh: dr. Tri Aria Wibowo

Anda punya pertanyaan seputar Anemia ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif