Profile
Arthritis

Dampak Artritis Reumatoid

Dampak Artritis Reumatoid

Jika Anda mengidap artritis reumatoid (RA), Anda harus waspada terhadap penyakit gangguan sistem kekebalan tubuh lainnya, yang mungkin disebabkan oleh peradangan yang semakin parah atau dampak dari pengobatan artritis reumatoid tersebut.

Berikut dampak dari ‘perpanjangan’ artritis reumatoid :

Penipisan tulang dan osteoporosis, ditambah kurangnya melakukan aktivitas fisik akibat nyeri yang ditimbulkan, akan memperparah kemungkinan patah tulang. Mengkonsumsi cukup kalsium dan vitamn D dapat membantu. Lakukan tes rutin untuk mengontrol kepadatan tulang dan konsultasikan pengobatan dan latihan yang sesuai dengan dokter.

Penyakit jantung dan stroke. Sama dengan diabetes, hipertensi, merokok dan penumpukan lemak, RA juga menjadi faktor pemicu seseorang terkena penyakit jantung, bahkan, bagi penderita RA resikonya menjadi dua kali lipat. Sebagai pencegahan, penderita RA wajib ekstra hati-hati dalam memilih makanan dan menjauhi rokok. Selalu awasi kadar kolesterol dan tekanan darah Anda.

Sjogren syndrome. Adalah penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh yang menyerang kelenjar air mata dan kelenjar air liur, sehingga mulut dan mata terasa kering. Hal ini dapat memperparah kondisi mata dan mulut, menjadikannya rentan akan penyakit lainnya. 

Non-Hodgkin’s lymphoma. Adalah jenis kanker yang mengenai sistem limfatik. RA juga memicu kanker darah.

Gangguan paru. Misalnya peradangan pada dinding paru yang menyebabkan rasa sakit ketika bernapas.

Anemia. Peradangan RA dapat menekan sumsum tulang penghasil sel darah merah.

Anda punya pertanyaan seputar Arthritis ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat