Profile
Diabetes

Cara Tetap Fit dan Sehat Selama Ramadhan

Cara Tetap Fit dan Sehat Selama Ramadhan

Cara Tetap Fit dan Sehat Selama Ramadhan

Puasa sudah berjalan beberapa minggu,  apakah puasa mu berjalan lancar? atau sebaliknya? Puasa memang menyehatkan jika dilakukan dengan benar, tapi jika puasa kamu mengabaikan pola makan sehat, tentunya akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Tapi nggak perlu khawatir, masih ada kesempatan untuk memperbaiki puasa kamu biar nggak kebobolan dan tetap fit sampai Lebaran. Apa saja? Disimak ya.

-Jangan lewatkan sahur

Sering melewatkan sahur? Ayo, paksakan untuk bangun sahur. Seperti sarapan, sahur juga sama pentingnya selama Ramadhan. Makan sebelum fajar, akan membantu tubuh kamu tetap terdidrasi dan memberikan energi dan nutrisi sampai waktu berbuka. Selain itu sahur juga dapat menghindari kamu makan berlebihan saat berbuka puasa.

Pastikan menu sahur kamu bergizi seimbang, yaitu terdiri dari karbohidrat, makanan tinggi serat dan kaya protein. Sebaiknya jangan makan terlalu banyak karbohidrat karena akan bikin kamu cepat lapar dan mengantuk. Pilih makanan yang tinggi protein dan serat, seperti buah dan sayuran, telur, atau kedelai karena akan bikin kamu kenyang lebih lama dan membantu mengisi energi kamu sepanjang hari.

-Berbuka puasa secara perlahan dan jangan berlebihan (kalap)

Berbuka puasa seringkali jadi ajang balas dendam, sehingga apa pun yang tersaji di meja makan ingin segera kamu lahap. Bila ini yang kamu lakukan, tidak heran belum sebulan berpuasa kamu sudah ‘terkapar’. Coba deh ubah kebiasaan berbuka puasa kamu, yaitu mulai berbuka dengan yang manis secukupnya untuk mengembalikan gula darah dengan cepat, kemudian ganjal dengan makanan ringan terlebih dahulu. Makanan ringan yang dipilih sebaiknya yang dapat mengenyangkan seperti  SOYJOY  Crispy,yang terbuat dari kedelai yang tinggi serat dan kaya protein  mencegah kalap ketika berbuka. Setelah beribadah solat, barulah santap makan besar. Selain itu, makannnya gak usah terburu-buru, perlahan saja agar tubuh punya waktu untuk mencerna makanan.

-Perbanyak buah dan sayuran

Beberapa buah dan sayuran secara alami mengandung kandungan air yang tinggi, terutama mentimun, melon, semangka dan labu. Makan buah dan sayuran setelah berbuka dapat membantu kamu tetap terhidrasi.

-Hindari gorengan

Gorengan memang menggugah selera makan, tapi sebaiknya hindari makanan yang digoreng atau yang membutuhkan minyak dalam jumlah besar. Ga mau kan setelah bulan Ramadan lemak dan berat badan kita malah naik?

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat